Ketat Prokes, Wabup Ipat Hadiri Pujawali di Pura Gede Dalem Blambangan

Wabup Ipat saat melakukan sembah bakti
Wabup Ipat saat melakukan sembah bakti
213 Melihat

 

JEMBRANA, POS BALI – Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) menghadiri pujawali Ida Bethara di Pura Pusat Gede Dalem Blambangan yang berlokasi di kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana. Rabu (18/8).

Puncak pujawali/piodalan di pura yang sungsung oleh 16 dadia di kabupaten Jembrana yang jatuh pada Buda Manis, Anggarkasih Dukut berlangsung khusuk dan khidmat. Panitia upacara memberlakukan prokes Covid-19 yang ketat.

Manggala Karya, Jero Ketut Maside mengatakan, kalau pujawali/piodalan di pura Gede Dalem Belambangan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Selain itu, para pengempon juga berasal dari 16 dadia di Jembrana. ”Pujawali Ida Bethara di Pura Gede Dalem Belambangan ini dilaksanakan nyabran enam sasih (6 bulan sekali). Pura ini merupakan pusat dari semeton dalem Blambangan yang tersebar di 16 dadia di kabupaten Jembrana,”ujarnya.

Prosesi upacara yadnya tetap dilaksanakan sebagaimana yang sudah dijadwalkan. “Pujawali tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Kami mengatur jarak, dan mengingatkan umat agar selalu pakai masker. Setelah selesai upacara kami ingatkan agar tak berkerumun dan langsung pulang ke rumah. Karya ini kami laksanakan sehari saja. Untuk para pemedek kami selalu batasi dan mereka yang tangkil (hadir) tetap harus mematuhi prokes Covid-19,”tegasnya.

Terkait dengan rangkaian piodalan, upakara yang digunakan berupa sesajen Pulagembal serta caru manca sata dengan dipuput oleh Ida Sulinggih. ”Kemarin pujawali kita awali dengan pecaruan dengan tingkatan Mancasata (Selasa,17/8). Hari ini (Rabu, 18/8) puncak piodalan dengan dipuput oleh Ida Peranda Anom dari Grya Batuagung dengan tingkatan upakara bebanten Pulagembal,”jelasnya.

Sementara Wabup Ipat setelah melaksanakan sembah bhakti langsung menyerahkan punia upakara. Selain itu juga meminta, umat agar tetap mematuhi prokes Covid-19. ”Saat ini kita masih dihadapkan dengan kondisi sulit akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Namun demikian, saya minta semua warga, selain tetep ngerestiti bhakti kehadapan Ida Yang Bethara agar pandemi segera berakhir juga warga agar tetap waspada karena disekitar kita pandemi masih ada,”ujarnya 024/003

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.