Kerusakan Dermaga Lovina Akhirnya Diperbaiki Dispar Buleleng

Tampak beberapa bagian bawah jembatan dermaga Lovina yang sudah direnovasi dengan ditempel kayu.
322 Melihat

BULELENG, posbali.co.id – Kondisi dermaga Pantai Lovina di Desa Kalibukbuk, Buleleng yang rusak akhirnya mendapat respons dari Dinas Pariwisata (Dispar) Buleleng yang turun langsung untuk merenovasi. Renovasi dilakukan karena dikhawatirkan dermaga yang rusak dengan lubang bagian bawah jembatan akan membahayakan pengunjung.

Seperti diketahui, keberadaan dermaga tersebut kerap dijadikan lokasi berfoto oleh sejumlah pengunjung termasuk juga wisatawan. Dengan renovasi ini, maka pengunjung merasa lebih nyaman saat berada di dermaga tersebut.

Kepala Dispar Buleleng, Made Sudama Diana, mengatakan, jika dibiarkan kondisi dermaga yang terbuat dari kayu itu rusak dengan berlubang, dikhawatir akan terjadi dampak buruk kepada pengunjung atau wisatawan. Oleh karena itu, beberapa lubang ditutup dengan kayu dengan dipatenkan. “Ini sebagai langkah awal yang harus diambil cepat agar tidak terjadi nanti hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya, Sabtu (28/11/2020).

Sebelumnya, kondisi dermaga Pantai Lovina di Desa Kalibukbuk, Buleleng sangat memprihatinkan karena rusak. Tampak kondisi jembatan yang bagian bawahnya sudah mulai bolong dan posisi jembatan yang miring. Atas kerusakan tersebut, sejumlah masyarakat sekitar merasa khawatir dermaga itu akan ambruk.

Dengan telah diperbaiki diharapkan agar masyarakat bersama-sama untuk merawat fasilitas umum maupun tempat-tempat wisata yang ada. Nantinya, lanjut Sudama Diana, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa Kalibukbuk serta badan pengelola tempat wisata tersebut agar kerusakan yang ringan bisa segera ditanggulangi, sedangkan yang rusak berat akan diprogramkan pemerintah.

“Kawasan Lovina menjadi tren di mata dunia internasional dan nasional. Jadi kepekaan terhadap apa yang ada di destinasi itu, untuk bersama-sama harus bisa menjaga dengan baik,” jelas Sudama Diana.

Terkait penataan terhadap kawasan wisata Lovina, dia mengaku sudah mempunyai program di tahun 2021. Yakni, dengan akan membuat beberapa kios kuliner serta perbaikan beberapa toilet yang tidak efektif. “Ini langkah pertama, disamping DAK tahun 2021 sudah kami usulkan ke pihak Kementerian,” pungkasnya. 018

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.