Kemensos Kucurkan Bantuan untuk Sanggar Tari Widya Swari

Penyerahan bantuan dari Kemensos melalui Dinas Sosial Provinsi Bali oleh Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, Ni Nyoman Suweni, di Sekretariat Sanggar, Kamis (17/12/2020).
476 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Kementerian Sosial (Kemensos) mengucurkan bantuan penguatan kearifan lokal senilai Rp50 juta kepada Sanggar Tari Widya Swari. Oleh pengurus sanggar, bantuan uang itu dibelikan kostum tari tradisional, dan properti yang mendukung kegiatan kesenian.

Bantuan Kemensos melalui Dinas Sosial Provinsi Bali yang diwakili Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, Ni Nyoman Suweni, diserahkan di Sekretariat Sanggar, Kamis (17/12/2020) disaksikan perwakilan Dinas Sosial Bangli, Kepala Desa Sulahan, Kepala Wilayah dan Kelian Adat Banjar Lumbuan.

Ketua Sanggar Tari Widya Swari, Ni Kadek Yuliani, mengungkapkan, bantuan itu bisa menambah semangat anggota lebih giat belajar budaya, khususnya tari tradisional. “Kegiatan sanggar kami berlangsung sejak tahun 2014, dengan beberapa kegiatan mulai dari pelatihan, proses karya dan pementasan rutin untuk menampung aktivitas masyarakat dan  penguatan kearifan lokal. Ini dalam rangka mencegah konflik sosial dan penyebaran paham radikalis bagi masyarakat Banjar Lumbuan, Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli,” bebernya.

Bantuan Kemensos tahun anggaran 2020 tersebut, jelasnya, digunakan untuk pengadaan delapan set kostum Tari Puspanjali, enam set kostum Tari Gopala, dan enam set Wirayuda. Dengan bantuan ini, ulasnya, sanggar dapat lebih fokus melakukan kegiatan sosial melalui pementasan di setiap upacara agama di pura maupun kegiatan sosial lainnya. “Peserta tari mulai dari anak sampai remaja yang terdaftar sebanyak 50 orang lebih,” cetus Juliani yang juga pendiri STK Widya Insan Nugraha ini.

Juliani berharap bantuan dana tersebut dapat menjadi motivasi dan meningkatkan kegiatan kesenian Sanggar Tari Widya Swari agar maju, demi melestarikan seni dan budaya tradisional maupun modern di Bali. Sanggar tari ini merupakan salah satu komponen penunjang kelestarian keberlanjutan budaya sebagai pilar utama pariwisata.

Di samping itu, imbuhnya, merupakan wadah melestarikan kebudayaan Bali yang dimanfaatkan masyarakat menjadi salah satu kegiatan menjalankan keagamaan. “Semoga kami termotivasi untuk terus meningkatkan kegiatan kesenian Sanggar Tari Widya Swari,” harapnya. 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.