Kemenkes Gandeng Grab dan Good Doctor Luncurkan Pusat Vaksinasi “Drive-Thru” Pertama

Grab Vaccine Center Bali yang diluncurkan oleh Menteri Kesehatan pada Minggu (28/2/2021) di Nusa Dua, Badung.
366 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng Grab dan Good Doctor sebagai mitra sektor swasta pertama yang melaksanakan program vaksinasi dengan pendekatan yang mengedepankan teknologi. Grab dan Good Doctor menjalankan pusat vaksinasi dengan inovasi berupa pilihan jalur drive-thru pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Pusat vaksinasi pertama beroperasi di Bali tepatnya di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, mulai 27 Februari sampai 5 Maret 2021 untuk gelombang 1 dan pada 13 sampai 19 Maret 2021 untuk gelombang 2. Grab dan Good Doctor menyediakan lokasi, tata laksana yang efisien dan tenaga kerja nonkesehatan, serta mengelola alur komunikasi dengan calon penerima vaksin termasuk melakukan proses penyaringan awal secara daring. Vaksin disediakan oleh Kemenkes dan disuntikkan oleh dokter dan perawat dari Dinas Kesehatan setempat.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan sambutan baik atas kerja sama antara pemerintah dengan pihak swasta. Menurutnya, pusat vaksinasi ini memperlihatkan apa yang dapat Indonesia capai ketika pihak swasta dan pemerintah bersinergi untuk sama-sama mencapai tujuan yang mulia, yaitu menyelamatkan nyawa banyak orang. “Membangun pusat vaksinasi merupakan prioritas nasional dan program berskala besar, yang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk sektor swasta seperti Grab dan Good Doctor yang memiliki pengalaman logistik yang mumpuni dan mampu melaksanakannya dalam waktu yang singkat,” ucapnya.

Danu Wicaksana selaku Managing Director Good Doctor Technology Indonesia bersama Neneng Goenadi selaku Country Managing Director Grab Indonesia menyampaikan, pusat vaksinasi memiliki jalur pra-registrasi dan layanan drive-thru untuk memudahkan akses. Grab Vaccine Center di Bali diperkirakan mampu memberikan 840 suntikan dalam sehari, dengan total 5.000 vaksinasi dalam seminggu. Tujuan didirikannya pusat vaksinasi pertama ini adalah untuk memvaksinasi 2.500 pekerja di sektor pelayanan transportasi, termasuk pengemudi angkutan umum, mitra pengemudi dan mitra pengantaran Grab, dan 2.500 pekerja publik di sektor pariwisata di Pulau Dewata.

“Dengan semangat gotong-royong, kami senang dapat berkontribusi dengan memanfaatkan teknologi dan sumber daya yang kami miliki untuk membantu mempercepat proses vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia,” kata President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata. Acara peluncuran Grab Vaccine Center Bali dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. Hadir pula secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.