Kembali Gelar Wisuda Daring, Unud Lepas 1.559 Wisudawan

Prosesi Wisuda Ke-137 Universitas Udayana berlangsung secara daring, Sabtu (29/8), dipusatkan di kampus Bukit Jimbaran, Badung.
385 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Universitas Udayana (Unud) menggelar Wisuda Ke-137 secara daring bagi 1.559 lulusannya, Sabtu (29/8) yang dipusatkan di kampus Bukit Jimbaran, Badung. Wisuda daring ini untuk kedua kalinya digelar Unud dalam masa pandemi Covid-19.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng dalam laporannya menyampaikan, dalam prosesi wisuda kali ini jumlah peserta yang diperkenankan hadir langsung sebanyak 15 wisudawan beserta keluarga. Wisudawan yang hadir merupakan lulusan terbaik dari masing-masing Fakultas dan Pascasarjana. Wisudawan yang mengikuti prosesi secara daring diwajibkan menggunakan toga bagi yang sudah dibagikan atau menggunakan full dress bagi yang berada di luar Bali.

“Wisudawan kali ini didominasi oleh kaum perempuan yang jumlahnya 917 orang, sedangkan laki-laki hanya 642 orang. Dalam wisuda kali ini terdapat 556 orang wisudawan yang memperoleh predikat Cum Laude dan 256 wisudawan yang merupakan penerima beasiswa pendidikan,” katanya.

Para wisudawan yang diwisuda akan diberikan salinan digital ijazah, salinan digital transkrip nilai dan salinan digital kartu alumni. Salinan digital ini akan diunggah dan dapat diunduh melalui akun IMISSU masing-masing wisudawan. Dokumen asli akan diserahkan dikemudian hari melalui sebuah pemberitahuan dengan memperhatikan situasi dan kondisi.

Dalam wisuda ke-137 ini Rektor Unud, Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S(K), melepas 1.559 wisudawan yang terdiri dari 203 orang Diploma, 936 orang Sarjana, 144 orang Profesi, 48 orang Spesialis, 192 orang Magister, dan 36 orang Doktor. Dengan ini jumlah alumni Unud hingga saat ini sebanyak 98.551 orang.

Rektor memberikan penghargaan kepada wisudawan karena di tengah masa pandemi telah mampu menyelesaikan pendidikan dengan baik yang mengindikasikan mahasiswa Unud mampu dan tangguh menghadapi segala situasi dalam menempuh pendidikan. Dalam masa pandemi wabah corona, Unud telah mengeluarkan berbagai kebijakan strategis salah satunya terkait pembelajaran daring agar proses pelaksanaan Tridharma tetap berjalan dan kebijakan lainnya untuk meringankan beban mahasiswa yang terdampak.

Rektor juga menyampaikan, beberapa waktu yang lalu Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud telah mengumumkan klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia tahun 2020 dan Unud berada pada Klaster Dua urutan 23 dari 34 dengan skor 2.349. Dalam klasterisasi ini Unud juga masuk dalam 10 perguruan tinggi skor tertinggi untuk indikator input yang terdiri dari persentase dosen berpendidikan S3, persentase dosen jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar, rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen, jumlah mahasiswa asing, dan jumlah dosen bekerja sebagai praktisi di industri.

Prof. Raka Sudewi menambahkan, pandemi tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk meraih prestasi. Beberapa prestasi yang diraih mahasiswanya antara lain  dalam Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) Tahun 2020, National University Debate Championship, Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tahun 2020, Kontes Robot Indonesia, lolos seleksi nasional sebagai mahasiswa berprestasi, dan lainnya. 026

1 Trackback / Pingback

  1. Online Course Berbayar, Investasi Ilmu atau Monetisasi Penyelenggara Acara? – Funancial Story

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.