Kembali Digelar Secara Daring, Wisuda Ke-139 Unud Lepas 597 Wisudawan

Pelaksanaan wisuda ke-139 Universitas Udayana, Sabtu (5/12/2020), berlangsung secara daring.
541 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Wisuda ke-139 Universitas Udayana (Unud) yang berlangsung secara daring pada Sabtu (5/12/2020) melepas sebanyak 597 wisudawan. Wisuda kali ini kembali dilaksanakan secara daring untuk yang keempat kalinya mengingat pandemi belum berakhir dan masih terdapat penambahan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

“Wisuda secara daring merupakan kebijakan yang diambil Unud bagi lulusan yang telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti prosesi wisuda, mengingat banyak lulusan yang membutuhkan ijazah untuk melanjutkan pendidikan maupun keperluan untuk melamar pekerjaan dan laporan kepada instansi tempat bekerja,” ujar Rektor Unud, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.(K)., dalam sambutannya pada wisuda tersebut.

Pelaksanaan wisuda ke-139 Unud dipusatkan di Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran. Para wisudawan yang hadir secara langsung hanya 16 orang dengan menerapkan protokol kesehatan. Mereka yang hadir langsung merupakan lulusan terbaik dari setiap fakultas untuk lulusan S1, ditambah pascasarjana (S2 dan S3), serta pendidikan profesi dan spesialis. Sementara para wisudawan lainnya mengikuti prosesi secara daring dari kediaman masing-masing. Pelaksanaan wisuda ini juga disiarkan secara live streaming melalui channel Youtube Udayana TV.

Rektor mengatakan keseluruhan alumni Unud sampai hari ini telah berjumlah 100.256 orang. Mewakili seluruh civitas akademika dan karyawan Unud, Prof. Raka Sudewi mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan yang telah diraih. “Selaku Rektor saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi wisudawan hari ini karena di tengah keterbatasan akibat dampak pandemi virus Corona kalian mampu menyelesaikan pendidikan dengan baik. Hal ini menandakan mahasiswa Universitas Udayana mampu dan tangguh menghadapi segala situasi dalam menempuh pendidikan,” ucapnya.

Lebih lanjut Prof. Raka Sudewi menyampaikan, gelombang revolusi industri 4.0 yang sedang berlangsung dan nampak mulai bergerak menuju revolusi industri 5.0 berdampak kepada perubahan yang sangat cepat dan masif yang menyebabkan terjadi transformasi pada berbagai aspek kehidupan. Menyikapi kondisi ini, perlu kolaborasi serta kerja sama dalam menciptakan generasi muda yang handal dan cakap untuk mengarungi ‘samudera’ perubahan ini. Salah satu yang mesti dipersiapkan adalah membekali generasi muda dengan semangat dan jiwa kewirausahaaan serta pemahaman tentang industri kreatif.

Dikatakannya, Unud telah menjalin kerja sama dengan beberapa mitra yang relevan untuk saling berkolaborasi dan bersinergi untuk turut memberikan bekal kepada lulusan agar siap menghadapi persaingan dalam dunia kerja. Melalui kerja sama yang dijalin, Unud juga mengharapkan mitra untuk dapat menyerap lulusannya.

Di akhir sambutan, Rektor berpesan kepada seluruh wisudawan untuk senantiasa bijak dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh, jagalah keutuhan NKRI yang berlandaskan Pancasila sebagai ideologi negara. Gunakanlah ilmu yang telah diperoleh untuk menghasilkan inovasi yang berguna dalam menyejahterakan masyarakat, bangsa dan negara. “Bijaklah dalam menyikapi setiap isu-isu yang berkembang, jangan mudah terprovokasi, gunakan nalar untuk mengkaji setiap informasi yang diterima sesuai dengan pengetahuan yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan,” pesannya. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.