Kehadiran Vaksin Bangkitkan Optimisme Pariwisata Bali

Putu Astawa
558 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Kedatangan vaksin Covid-19 menjadi angin segar, khususnya terhadap Bali yang mengandalkan sektor pariwisata. “Ini akan lebih menumbuhkan kepercayaan wisatawan terhadap Bali sekaligus membangkitkan optimisme,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa, di Denpasar, Selasa (5/1/2021).

Pihaknya pun berharap para tenaga kerja khususnya yang berkecimpung di industri pariwisata juga menjadi prioritas mendapatkan vaksin ini, tentunya setelah vaksinisasi untuk tenaga kesehatan rampung.

“Tenaga kesehatan sebagai garda terdepan untuk mengobati pasien terkonfirmasi positif, sedangkan Bali juga berkontribusi dalam perkembangan perekonomian nasional untuk menstimuril pembangunan ekonomi nasional. Jadi saya harap tidak hanya pekerja pariwisata, tapi seluruh masyarakat Bali mendapatkan vaksin ini,” harapnya.

Dikatakannya, jumlah masyarakat Bali yang bekerja diindustri pariwisata dari data Bank Indonesia diperkirakan mencapai 1,2 juta orang dari jumlah penduduk Bali sebesar 4,2 juta jiwa. Hampir 30 persen dari penduduk Bali berkecimpung di industri pariwisata.

“Mereka ada yang berkecimpung menjadi pekerja hotel dikisaran 300 ribu orang, restoran 300 ribu, UMKM 360, supir 75 ribu dan lain sebagainya. Bahkan mereka yang tidak berkecimpung langsung ke industri pairiwisata pun terdampak akibat turunnya perekonomian Bali yang mencapai minus 12 persen lebih,” bebernya.

Pihaknya berharap, datangnya vaksin ini pariwisata Bali berangsur-angsur akan pulih kembali. kendatipun demikian, pihaknya berharap masyarakat tidak lengah dengan situasi kondisi pandemi ini. Pasalnya, virus ini tidak terlihat secara kasat mata, sehingga sulit untuk diprediksi jika tanpa tes. “Tetap disiplin terapkan protokol kesehatan. Karena itu satu-satunya jalan agar terhindar dari virus ini,” pungkasnya. 019

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.