Kadisdikpora Imbau Orangtua Awasi Anak Selama Libur Sekolah

KADISDIKPORA Denpasar, Wayan Gunawan. Foto: tra
449 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id  – Mulai Senin (15/6), sekolah memasuki masa libur semester genap. Masa libur di tengah pandemi Covid-19 ini, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, I Wayan Gunawan, mengimbau seluruh orangtua siswa  agar mengawasi dan mendampingi anak-anak selama libur sekolah.

‘’Orangtua perlu mendampingi anak-anak mereka tetap belajar dan bermain di rumah selama mengisi waktu libur sekolah. Tidak memanfaatkan libur sekolah untuk jalan-jalan ke mal atau tempat-tempat keramaian untuk mencegah penyebaran virus Corona yang dapat menyebabkan Covid-19,’’ kata Gunawan, Minggu (14/6).

Momen liburan panjang ini, lanjut Gunawan, dioptimalkan dengan baik dan aktivitas bermanfaat dengan memperhatikan protokol kesehatan. Dengan demikian tak akan membuat rasa jenuh anak-anak. Ia juga tetap mengingatkan agar memperhatikan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

‘’Libur akhir semester dan libur akhir tahun ajaran 2019/2020 mulai tanggal 15 juni 2020 sampai 11 Juli 2020. Siswa mulai belajar kembali tanggal 13 Juli 2020,’’ sebut Gunawan.

Kalender akademik, lanjut Gunawan, memang menjadwalkan tahun ajaran baru dimulai pada 13 Juli 2020, namun hingga saat ini belum ada keputusan apakah akan tetap melanjutkan belajar dari rumah atau belajar secara tatap muka di sekolah. ‘’Kita menunggu dari Satgas Covid-19 perkembangannya seperti apa,’’ ujarnya.

Momen liburan, lanjut Gunawan, juga harus dimanfaatkan oleh guru dan kepala sekolah untuk mempersiapkan apabila pemerintah memutuskan siswa harus masuk sekolah. Seperti, pengaturan kelas, penyemprotan ruang kelas, penyediaan tempat cuci tangan, pengaturan jaga jarak di kelas, toilet, kantin, perpustakaan, dan tempat ibadah. ‘’Jadi kita sudah menyusun SOP untuk persiapan, apabila Juli para peserta didik harus masuk sekolah,’’ tutur Gunawan.

Seperti orangtua siswa, Gunawan juga mengaku khawatir, bila sekolah dibuka tanpa protokol kesehatan yang jelas. Menurutnya, keselamatan dan kesehatan anak tetap yang terpenting. ‘’Kita berdoa semoga kondisi ini cepat berlalu,’’ pungkasnya. tra

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.