Jumat Bersih Pelindo III Lawan Corona, Siapkan Ruang Isolasi Khusus

Ket foto: PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. Guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut, Jumat (13/3) pagi.
511 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Meningkatnya kasus penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia menjadi perhatian khusus sejumlah pihak dan instansi, tak terkecuali PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. Guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut, Jumat (13/3) pagi, seluruh jajaran pegawai beserta unsur kemaritiman yang tersebar di berbagai regional menggelar kegiatan bersih-bersih massal secara serentak di terminal penumpang, termasuk di Pelabuhan Benoa. Dengan menggunakan peralatan lengkap seperti masker, sarung tangan dan disinfektan para petugas kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI-POLRI hingga sejumlah pegawai Pelindo III menyisir sejumlah lokasi terminal penumpang

Salah satunya terminal kedatangan dan keberangkatan Pelabuhan Benoa yang memiliki resiko penularan virus Corona atau Covid-19. Gerakan ini juga serempak dilakukan di teminal penumpang di masing- masing pelabuhan hingga seluruh kantor operasional Pelindo III di empat regional yaitu Jatim, Jateng, Kalimantan dan Bali-Nusra. Saat dikonfirmasi, Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto mengungkapkan, gerakan bersih bersih serempat ini merupakan upaya dari Pelindo III dalam menekan resiko penularan virus Corona yang belakangan ini mulai meningkat di indonesia, terlebih Pelindo III sebagai operator pelabuhan merupakan salah satu pintu keluar dan masuk penumpang dari berbagai daerah. harapannya langkah ini setidaknya bisa menekan penyebaran virus tersebut.

“kami lakukan gerakan bersih bersih ini serentak diseluruh pelabuhan dan terminal penumpang kita yang tersebar di empat regional, sejak hari ini dan rutin dilakukan setiap harinya. Tak hanya itu kami juga telah berkoordinasi terus dengan rekan- rekan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang memiliki wewenang tanggung jawab kesehatan untuk menyiagakan alat pendeteksi suhu badan atau thermal scanner di masing masing terminal penumpang, harapannya gerakan ini bisa menekan resiko penyebaran Covid-19,” tegas Toto Heliyanto saat kegiatan bersih bersih di lingkungan pelabuhan bersama KKP, KSOP maupun KP3. Pada kesempatan itu, Manager SDM dan Umum Pelindo III Regional Bali Nusra, Nugroho Christianto didampingi General Manager Pelabuhan Benoa, A.A. Gede Agung Mataram juga mengakui aksi bersih-bersih ini sebagai bentuk kepedulian mengantasasi virus Corona.

“Aksi lawan Corona ini sesuai instruksi dari direksi, sehingga curi start untuk bersih-bersih melawan Corona sekaligus pencegahan virus Corona yang isunya masuk Indonesia. Apalagi Pelindo kedatangan tamu internasional, sehingga harus melakukan pencegahan virus Corona,” bebernya, sembari menegaskan aksi tangkal Corona ini, sebagai Program Jumat bersih, sekaligus antisapasi bersih-bersih dengan menyemprotkan desinfektan beserta melakukan thermoscan mengecek kesehatan suhu badan dan siapkan ruang isolasi khusus, jika ada yang diduga terdeteksi kena virus Corona. “Langkah kita ini dengan persiapan lebih awal siapkan sarung tangan dan masker serta persiapan sensitizer. Termasuk berjasama dengan PHC (Pelindo Husadha Citra, red) akan memberikan suntikan gratis suplemen untuk para karyawan Pelindo,” jelasnya.

Di sisi lain, Agung Mataram sapaan akrab General Manager mengakui sesuai arahan direksi menggelar Jumat Bersih dengan mengajak semua instansi terkait yang fokus membersihan indoor pelabuhan. Hal ini upaya mengantisipasi virus Corona, karena sebagai pintu masuk ke Bali memberikan rasa nyaman dan aman serta rasa bersih bagi tamu yang datang. “Harapan kita situasi seperti ini segera membaik. Karena dari kurang lebih 89 call untuk 2020, terjadi pembatalan per Maret sekitar 18 kunjungan. Pembatalan karena kondisi pelabuhan lain ada yang close (tutup, red), sehingga mereka rundom atau mengubah kunjungan,” imbuhnya. 016

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.