Jokowi Dijadwalkan Bakal Buka PKB

Pengerjaan pembuatan kebun di Taman Budaya Bali
133 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII tahun 2021, ‘Purnajiwa Praning Wana Kertih’. Pesta seni itu bakal berlangsung secara hybrid dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali pada 11 Juni 2021.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Prof. Gede Arya Sugiartha mengatakan, Gubernur Bali Wayan Koster telah mengundang Presiden Jokowi agar hadir membuka PKB.

“Presiden dijadwalkan hadir jam 11 siang. Karena sore harinya, beliau akan membuka acara Kadin di Nusa Dua. Mudah-mudahan tidak ada halangan,” harapnya kepada POS BALI di Denpasar, Rabu (5/5).

Menurutnya, PKB tahun ini merupakan pesta kesenian dengan era baru. Tidak seperti sebelumnya, kata dia, PKB tahun ini tidak melibatkan banyak orang. Melainkan secara virtual, sehingga aktivitas seniman tidak terhenti di tengah pandemi Covid-19. Seniman tetap diberi kesempatan, sedangkan masyarakat sebagai penonton diatur.

“Pagelaran tidak wah-wah, tetapi tetap juga ada, dan masyarakat yang banyak kita atur. Jadi PKB secara daring dan juga luring. Daring disiarkan via YouTube kanal Pemprov Bali,” jelasnya.

Menurutnya, seni-seni yang masuk dalam katagori pelestarian bakal direkam dan disiarkan melalui kanal YouTube. “Untuk pawai akan dilaksanakan secara daring. Tidak ada pawai di jalanan, melainkan disiarkan melalui media sosial. Jadi creator pawai merekam dengan mengambil materi pagelaran. Itu yang akan ditayangkan saat pembukaan,” bebernya.

Dia menambahkan, untuk mencegah paparan Covid-19, pihaknya telah berkoordinasi ke kabupaten/kota untuk memfasilitasi para seniman agar divaksin. “Seluruh seniman wajib divaksinasi, sedangkan saat pentas, kami lakukan rapid tes antigen,” ujarnya.

Pihaknya berharap, perkembangan kasus terkonfirmasi Covid-19 melandai sehingga PKB dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. “Saya dengar ada varian baru masuk Bali. Tetapi saya yakin sudah bisa ditangani dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu, menyambut PKB Taman Budaya Bali (Art Centre) tampak ‘dipercantik’ dengan pembuatan kebun baru. Tak hanya itu, pavingisasi juga dilakukan di pintu keluar di sebelah utara Art Centre.

Dari pantauan di lapangan, tampak pembuatan kebun dilakukan di depan Gedung Ksirarnawa. Tepatnya di depan parkir selatan. Kawasan yang dahulunya kosong kini ditata.

KUPT Taman Budaya Wayan Ria Arsika mengatakan, tempat parkir difungsikan sebagai kawasan kuliner. “Parkir kami arahkan ke tempat di parkir barat,” ungkapnya, Rabu (5/5).

Menurutnya, pengerjaan pembuatan kebun itu diambil dari anggaran pusat, DAK senilai Rp160 juta.

Kata dia, Taman Budaya Bali tahun ini mendapatkan DAK dari Kemendikbud senilai Rp 1,7 miliar yang diperuntukkan untuk pembangunan fisik Rp500 juta, sedangkan sisanya untuk program pagelaran serta kegiatan lainnya.

“Dalam pembuatan kebun ini, juga dibangun jalan setapak, lengkap dengan gazebo dan juga tempat duduk terbuka,” bebernya.

Untuk diketahui, PKB XLIII tahun ini kembali digelar. Sebelumnya, tahun 2020 even seni tahunan itu tak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, PKB ini bakal digelar secara virtual. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.