Jalan Tol Bukan untuk Jalur Sepeda

PETUGAS Tol Bali Mandara melakukan edukasi bagi pesepeda yang hendak masuk ke Jalan Tol Bali Mandara. Foto: ist
693 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Sejak aktivitas bersepeda mulai marak, masyarakat Denpasar dan Badung, cukup banyak mencoba menjajal Jalan Tol Bali Mandara. Selain memiliki panorama yang indah, trek Jalan Tol Bali Mandara juga relatif landai bagi pesepeda.
Humas PT. Jasamarga Bali Tol selaku pengelola Tol Bali Mandara, Putu Gandhi Ginantra dikonfirmasi, Minggu (19/7) tidak menampik hal tersebut. Selama tiga bulan terakhir beberapa pesepeda memang diketahui lewat ke jalan tol. Dari temuan petugas, dua gerbang tol di titik Benoa dan Ngurah Rai yang sering diketemukan upaya. “Ada yang kita temukan sendirian bersepeda, ada berdua, ada berlima dan ada berdelapan. Ketika kita temukan maka langsung mereka kita edukasi dan berikan pemahaman,’’ ujarnya.
Diperkirakannya, kondisi jalan tol yang relatif sepi akibat dampak Covid-19 menjadi salah satu yang membuat para pesepeda ingin menjajal jalan tol. Selain itu, ketidak tahuan masyarakat jalan tol tidak diperkenankan dilewati selain kendaraan bermotor.
Hal tersebut diakuinya sudah menjadi ketentuan di jalan tol, dan diatur dalam perundang-undangan. Jika pesepeda diberikan masuk ke jalan tol, ditakutkan hal itu bisa membahayakan dirinya sendiri dan pengendara lainnya. ‘’Yang boleh lewat ke jalan tol hanya kendaraan bermotor, itu sudah ada aturannya. Kami harap masyarakat bisa memahami hal ini, sebab ini demi keselamatan dan kenyamanan bersama,’’ imbaunya.
Untuk mencegah hal tersebut, beberapa bulan ini menempatkan petugas jaga di tiap pintu masuk tol. Petugas standby berjaga dan mencegat jangan sampai pesepeda masuk jalan tol. ‘’Yang kita cegah adalah jangan sampai pesepeda terlanjur masuk ke jalur jalan tol. Sebab ketika sudah masuk, relatif berbahaya jika ia mau keluar. Apalagi jika masuk dari jalur keluar kendaraan,’’ ucapnya. 023

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.