Jalan Rusak, Warga Tanami Pisang

Jalan menuju Pura Dalem Purwa, Desa Jehem, Tembuku, Bangli yang rusak cukup parah. Lama tidak dapat tanggapan dinas terkait, warga menanam pohon pisang di jalan tersebut.
422 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Pemkab Bangli belum sepenuhnya mampu memenuhi perbaikan infrastruktur, antara lain jalan menuju Pura Dalem Purwa penghubung Banjar Tambahan Bakas dengan Banjar Tambahan Kelod, Desa Jehem, Tembuku, yang rusak cukup parah. Jalan sulit dilalui kendaraan, baik motor maupun mobil, meski sudah dilaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum Bangli. Lama tidak dapat tanggapan, warga menanam pohon pisang di jalan tersebut.

Informasi yang dihimpun, penanaman pohon pisang itu dilakukan pada 10 November lalu sebagai wujud protes karena kerusakan lama tidak diperbaiki. “Prajuru adat sejatinya menyampaikan kerusakan ini ke pemerintah, tapi sampai sekarang belum ada tanggapan,” keluh masyarakat setempat yang keberatan disebut identitasnya.

Kepala Dusun Banjar Tambahan Bakas, Dewa Kesumaardika, yang dimintai konfirmasi, Minggu (15/11) membenarkan adanya kerusakan jalan tersebut. Namun, dia membantah warga menanam pisang sebagai bentuk protes, melainkan hanya ditaruh sebagai tanda peringatan agar pengendara berhati-hati.

Kata dia, kerusakan jalan itu diperparah dengan adanya bencana tanah longsor di lokasi, sehingga motor dan mobil susah masuk.  “Di Pura Dalem Purwa saat ini ada pembangunan, sehingga truk pengangkut material susah masuk,” ungkapnya.

Dia juga membenarkan prajuru adat telah mengajukan permohonan meminjam alat berat ke Dinas PU untuk mengeruk tanah bekas longsoran. Hanya, saat itu Dinas PU berkata alat berat digunakan di kawasan Demulih. “Sampai sekarang alat beratnya tidak datang, sehingga kondisi jalan licin dan sulit dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat,” bebernya.

Lebih jauh disampaikan, status jalan itu awalnya jalan desa, tapi sudah diserahkan ke Kabupaten Bangli. Sebab, untuk mendapat aspal hotmiks memang harus berstatus jalan kabupaten. Walau ini akses menuju Pura Dalem Purwa, wilayahnya ada di dua dusun.

Perbekel Desa Jehem, I Nengah Tesan Darmayasa, menambahkan, kerusakan jalan buntu menuju Pura Dalem Purwa Tambahan itu sepanjang 600 meter, dengan kerusakan cukup parah terjadi sekitar 300 meter. “Harapan masyarakat, kerusakan jalan agar segera bisa diperbaiki,” pintanya. 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.