Jaksa Kasasi, Jerinx Ikutan Kasasi

Jerinx turun dari mobil tahanan saat menjalani persidangan di PN Denpasar, beberapa waktu lalu.
86 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Jaksa dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali sudah menyatakan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan majelis hakim di tingkat banding terhadap terpidana, I Gede Ary Astina alias Jerinx, pekan lalu. Di hari terakhir atau deadline, tim kuasa hukum dari drummer grup band Superman Is Dead (SID) itu ikutan menyatakan kasasi atas putusan hakim Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar yang menganulir putusan hakim PN Denpasar dari 14 bulan menjadi 10 bulan penjara.

Pernyataan kasasi ini didaftarkan, I Wayan Adi Sumiarta, dkk, tim kuasa hukum terpidana berusia 43 tahun itu ke PN Denpasar, Selasa (2/2/2021). Tim kuasa hukum mendaftar tanpa kehadiran I Wayan “Gendo” Suardana, koordiantor kuasa hukum Jerinx.

Ditemui usai mendaftarkan kasasi, Adi Sumiarta menyatakan optimistis dengan langkah kasasi yang ditempuh. “Ditingkat kasasi kami optimistis Jerinx bisa bebas. Kami optimistis,” ungkapnya.

Ditanya apakah ada pesan khusus dari Jerinx yang saat ini ditahan di Lapas Kelas IIA Kerobokan, Adi mengatakan, Jerinnx hanya berpesaan agar tim kuasa hukum berjuang sekuatnya. Tidak hanya untuk kebaikan Jerinx tapi juga untuk masyarakat.

Saat ditanya sikap Jerinx terhadap putusan hakim PT Denpasar yang memotong hukuman dari 14 bulan menjadi 10 bulan, Adi menyebut awalnya Jerinx menerima putusan tersebut. “Klien kami (Jerinx) menerima putusan banding yang menurunkan hukuman. Tapi, karena jaksa kasasi, maka kami juga menggunakan hak kami untuk kasasi,” jelas Adi.

Menurutnya, saat ini memori kasasi sudah disusun. Materi memori sebagian menyadur pledoi dan memori banding. Ia yakin materi dalam pledoi maupun banding bisa meyakinkan majelis hakim MA.

Adi menjelaskan, jika materi banding menguji fakta, maka materi kasasi yaitu menguji bagaimana hukum diterapkan oleh majelis hakim yang mengadili. “Selanjutnya kami punya waktu 14 hari untuk menyusun memori kasasi. Sekarang kami sudah dapat 20 halaman. Tidak terlalu tebal, biar gak terlalu ruwet,” katanya. 009

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.