Isoter Jurus Ampuh Tekan Penyebaran Covid-19

Gubernur Koster saat meninjau halaman MDA Kabupaten Badung, Rabu (1/9).
167 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Beberapa hari terakhir pascakebijakan penjemputan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (isoman) untuk dibawa ke isolasi terpusat (isoter), jumlah tambahan harian kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Bali turun drastis. Begitu juga dengan angka tambahan harian kesembuhan, juga melonjak naik. Isoter diyakini menjadi jurus ampuh untuk menekan penyebaran Covid-19.

Kendati demikian, Bali masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, berlaku dari 31 Agustus sampai 6 September 2021. Kebijakan itu diambil karena masuknya varian delta yang konon 10 kali lebih cepat penyebarannya, dan juga kasus terkonfirmasi positif masih berkutat di angka tiga digit, sehingga diperlukan penanganan yang lebih maksimal.

Gubernur Bali Wayan Koster yakin, perkembangan terkonfirmasi positif di Bali akan menurun beberapa hari ke depan. “Kasusnya sudah turun. Yang sembuh banyak, yang meninggal juga sudah menurun. Saya kira sudah semakin baik. Mungkin beberapa hari ke depan bisa level 3,” kata Koster seusai meresmikan Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Badung di Kerobokan, Rabu (1/9).

Dalam kesempatan tersebut, gubernur asal Sembiran ini mengajak seluruh masyarakat Bali agar disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) 6M. Yakni memakai masker dengan baik dan benar, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak, mengurangi bepergian, meningkatkan imun, serta mentaati aturan. “Yang penting masyarakat tertib prokes,” tandasnya.

Senada dengan Gubernur Bali, Ketua DPRD Kabupaten Badung, Putu Parwata mengatakan bahwa situasi dan kondisi saat ini sudah semakin membaik. Pihaknya berharap dengan menurunnya jumlah kasus terkonfirmasi positif, Bali turun ke level 3, sehingga pusat-pusat perekonomian bisa buka secara bertahap. “Sekarang mal-mal menjerit dia,” ungkapnya.

Dia menambahkan, turunnya angka kasus terkonfirmasi positif harian tidak terlepas dari pengawasan ketat dalam penerapan prokes. “Prokes dan isoter kami gencarkan. Satgas yang ada di desa adat juga sangat berperan penting dalam mencegah dan menekan penyebaran virus ini. Begitu juga kegiatan adat, kami awasi dengan ketat, dan kami lakukan Swab PCR sebelum dimulai acara,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 1611/Badung, Kolonel Inf. I Made Alit Yudana menegaskan, pihaknya melakukan giat sesuai perintah. Yakni menekan penyebaran Covid-19 melalui pendisiplinan protokol kesehatan. “Jadi selama ada Covid-19 ini dan belum ada obatnya, kami dari TNI bersinergi dengan Polri melakukan penegakan protokol kesehatan di mana pun,” tegasnya.

Dandim menjelaskan, isoter yang dilakukan bukan hanya sekadar membawa pasien terkonfirmasi positif saja. Akan tetapi, lanjut dia, isoter sebagai upaya untuk mencegah penyebaran. “Jadi begitu dibawa ke isoter, pasien betul-betul dijaga, diawasi dan diperhatikan dengan ketat. Isoter ini lebih praktis, karena pasien diberikan obat, vitamin, dan diawasi dokter. Namun jika dilakukan di rumah, bagaimana cara mengawasi dan merawatnya,” jelasnya.

Menurutnya, isoter ini menjadi jurus ampuh dalam menekan penyebaran Covid-19. “Jumlah tempat isoter di Badung dan Denpasar 16 isoter. Delapan di Denpasar, dan delapan di Badung. Untuk jumlah yang telah masuk isoter, di Denpasar sekitar 3 ribuan, sedangkan Badung sekitar 2 ribuan. Jumlah ini juga bisa berubah karena hitungan per jam untuk yang masuk maupun yang sudah sembuh, di-update setiap pagi dan sore,” tandasnya.

Untuk diketahui, mewabahnya virus corona di Bali telah berlangsung 1,5 tahun sejak kasus pertama ditemukan pada medio Maret 2020. Akibat mewabahnya virus ini, perekonomian Bali yang mengandalkan sektor pariwisata menjadi terpuruk. Karena tidak ada wisatawan yang datang untuk berlibur.

Dalam upaya mempercepat penanganan pandemi Covid-19 ini, masyarakat diimbau agar disiplin menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, untuk membentuk kekebalan komunal, masyarakat diharapkan mengikuti vaksinasi secara tuntas. Dengan langkah tersebut, diharapkan Bali segera pulih dari paparan virus ini. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.