Inovasi Pariwisata Kebon Ayu, Suguhkan Atraksi Seni Budaya Tradisional

238 Melihat
Atraksi Peresean di jalan Desa Kebon Ayu.

LOBAR, POSBALI.CO.ID – Desa Kebon Ayu merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Desa ini dianugrahi potensi alam indah serta beragam kesenian budaya yang terjaga dan dilestarikan secara turun temurun oleh masyarakatnya.

 

Kali Dodok yang kini mulai dikelola pihak Desa Kebon Ayu

Hamparan persawahan hijau, pemandangan perbukitan, dilengkapi dengan atraksi seni budaya hingga situs bersejarah berumur ratusan tahun bisa dinikmati di desa yang letaknya tidak jauh dari kantor pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Barat ini.

Dengan kekayaan potensi yang dimiliki, belakangan ini Desa Kebon Ayu sedang berusaha membangun brand kepariwisataan baru yang dikemas menarik dan sangat layak dikunjungi oleh wisatawan.

Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menggelar pentas seni budaya di pinggir jalan desa. Penampilan dari para seniman lokal Desa Kebon Ayu ini dapat dinikmati langsung oleh para pesepeda dan pelintas jalan lainnya.

“Mulai hari ini, tiap Minggu pagi kita bisa menikmati hidangan jajan serabi, urap dan lontong dengan view persawahan. Harganya juga sangat murah. Pedagangnya dari masyarakat kita sediri. Bukan itu saja, pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi peresean yang dimainkan oleh pemuda kita,” tutur ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kebon Ayu, Mustafa, Minggu (15/8).

Mustafa juga mengatakan jika saat ini pokdarwis dan pemerintah desa sedang bekerjasama dengan para agen travel untuk menggarap suatu paket wisata menarik yang layak dijual kepada wisatawan.

“Kita sedang melengkapi akses pendukungnya, misalkan di Jembatan Gantung akan disiapsiagakan cikar (transportasi tradisional, red) untuk membawa tamu melihat spot-spot wisata an para petenun di kampung kami. Kemudian kami akan menyediakan sepeda untuk masuk ke area agrowisata berupa buah melon. Selanjutnya kami akan memberikan cinderamata kepada setiap pengunjung topi khas Kebon Ayu yang terbuat dari bambu,” lanjutnya.

Desa Kebon Ayu sendiri menjadi salah satu desa peserta event Pesona Lombok Barat yang akan digelar Dinas Pariwisata Lombok Barat pertengahan Agustus ini. Event bertajuk ‘Gelaran Seni Budaya Desa Wisata 2021″ ini menjadi salah satu upaya memperkenalkan desa-desa wisata yang ada di Lombok Barat kepada para pelaku pariwisata. Dalam event ini nantinya akan mengundang beberapa agen travel dimana agen travel itulah yang akan datang ke desa-desa, salah satunya adalah Desa Kebon Ayu.

Sementara itu, Sopian salah seorang pengujung yang didapati sedang bersantai menikmati jajanan tradisional serabi di pinggir jalan sempat menyampaikan rasa gembiranya dengan perkembangan dan inovasi yang sedang diupayakan Desa Kebon Ayu.

“Saya sering melitas disini, saya sangat senang karena jalur yang saya lewati ini sekarang ada penjual jajan tradisional dan anak saya suka makan itu,” kata Sopian.

“Kita juga bisa menikmati kuliner tradisional ini di berugaq yang disediakan. Lalu di depan kita ada persawahan dan pegunungan. Ini bagi saya sangat indah. Kemudian kita bisa lihat pementasan peresean dan gendang beleq yang dibawakan oleh pemuda sini, ini sangat menghibur,” ucapnya senang. 033

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.