Ibu Megawati 73 Tahun (Pengaruhnya Buat Bali)

Foto: Penulis Wartawan Senior, I Made Nariana. ist
1,773 Melihat

 

DENPASAR, posbali.co.id – Satu-satunya pemimpin wanita di partai politik saat ini, Ibu Megawati Soekarno Putri sudah menginjak usia 73 tahun. Ia memimpin partai pemenang pemilu 2019 dan juga lima tahun sebelumnya. Sekaligus mengantarkan Jokowi sebagai Presiden RI keduakalinya di Indonesia. Tentu saja, Jokowi didukung juga partai lain, selain partai besutan Megawati.

HUT ke 73 Megawati Soekarno Putri, dirayakan dengan sederhana di Bedugul Bali, bertepatan dengan perayaan Hari Suci Umat Hindu – Siwalatri, 23 Januari 2020  yang baru lewat. Sejumlah pemimpin Bali, khususnya dari kalangan PDI-Perjuangan, (dari Gubernur sampai sejumlah Bupati) kumpul di Bedugul ikut merayakannya.

Sekjen DPP PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, di usia Megawatri sekarang, dengan segudang pengalaman, putri Bung Karno itu telah menjadi pemimpin yang paling lengkap.

“Awalnya rakyat biasa, akhirnya memilih sebagai pemimpin partai–mengantarkan Megawati dua periode sebagai anggota DPR-RI. Lanjut menjadi Wakil Presiden dan Presiden ke -5 Republik ini. Ia juga tokoh penting dalam melawan rezim otoriter sebelum zaman reformasi tahun 1998,” kata Hasto.

Mega juga dikenal sebagai pejuang demokrasi, sebab di zamannya sebagai Presiden,  pemilihan terbuka langsung dari rakyat diadakan. Sebelumnya pemilihan pemimpin dilakukan melalui perwakilan anggota DPRD/DPRRI.

Megawati secara sosiologis, psikologis dan politis dekat dengan Bali. Saat Ibu Megawati dimarginalkan dan dikucilkan penguasa sebelum Soeharto jatuh tahun 1998, ia setiap minggu datang ke Bali. Di Bali beliau disambut antusias masyarakat Bali yang menginginkan ada perubahan di negeri ini. Mega menjadi daya tarik tersendiri bagi rakyat Bali saat itu, sehingga sebelum pemilu 1999,  diadakan Kongres PDI Perjuangan didukung rakyat Bali dengan sukacita.

Puncaknya dalam pemilu tahun 1999, PDI-P menang mutlak di Indonesia (termasuk Bali). Pertama kali parpol menang dalam pemilu, sebab sebelumnya selama 32 tahun dimenangkan Golkar yang selalu mengaku bukan sebagai partai saat itu. Soeharto jatuh 21 Mei 1998, karena gerakan mahasiswa yang didukung rakyat dan militer.

Sebelumnya,  gerakan politik Mega di Bali selalu mendapat pengawasan ketat dari penguasa. Ke mana pun ia pergi selalu dibuntuti. Syukur ada media massa di Bali memberikan dukungan luas, karena media saat itu juga membaca arah dukungan publik yang begitu luas kepada tokoh wanita ini.

Saya, ketika saat itu menjadi Redaktur Pelaksana suratkabar berpengaruh di Bali yakni Bali Post, dipanggil  menghadap seorang pejabat. Ia minta supaya koran saya jangan terlalu gencar memberitakan kedatangan Megawati ke Bali.

Tentu saja saya menolak, sebab rakyat senang dengan berita tentang Megawati. Oplag koran kami saat itu melonjak menjadi 40.000 eksplar. Saya tahu akibat pemberitaan soal Ibu Megawati Soekarno Putri. Ibaratnya, acara makan siang Ibu Megawati di rumah seorang penduduk di Sanur saja  menjadi “berita besar” menyebabkan koran menjadi laris. Bagi saya saat itu, Mega menjadi “media darling” di Bali. Ke mana – mana dikejar wartawan, dan beritanya ditunggu pembaca suratkabar. 

Kini usia Mega menginjak 73 tahun. Kalau ia sering ke Bali, bagi saya tidak asing, sebab Mega yang dekat dengan  alam, memang mencinta Bali. Ia juga mencintai masyarakat Bali dengan segala seni budayanya.

Rakyat Bali, khususnya pejuang-pejuang di partai (PDI-Perjuangan), berhutang budi dengan Ibu Megawati.

Terlepas dari kekurangannya sebagai manusia, Mega juga menggunakan Bali sebagai tonggak utama perjuangan membesarkan PDI-P di tanah air. 

Sejarah mencatat, berulangkali acara partai tersebut secara nasional diadakan di Bali. Bali memiliki magnet  dan dapat membangun inspirasi tersendiri buat perjuangan partai berlambang kepala banteng moncong putih itu. Megawati Soekarno Putri, menjadi sentral pemersatu partainya  selama ini. 

Selamat berulang tahun ke-73 Ibu Megawati. Semoga sehat selalu dan panjang umur……. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.