Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Sejumlah Pohon Tumbang

Pura Prajapati di Banjar Pemanis, Desa Biaung, Penebel, Tabanan rusak tertimpa pohon tumbang, Sabtu (27/2/2021) petang.
64 Melihat

BULELENG, posbali.co.id – Hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Buleleng sejak Sabtu (27/2/2021) malam mengakibatkan beberapa pohon tumbang. Setidaknya, ada empat titik terjadi pohon tumbang, tiga di antaranya di wilayah Kecamatan Sukasada dan satu lagi di wilayah Kecamatan Buleleng. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Pohon tumbang terparah terjadi di Banjar Dinas Buana Sari, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Pohon perindang yang ada di pinggir jalan tumbang dan menimpa sebuah mobil Daihatsu Xenia dengan nopol DK 783 KE milik Ketut Arcana, warga setempat. Kerugian mencapai sekitar Rp20 juta lantaran mobil itu ringsek. Pohon tumbang itu juga menimpa salah satu kios non-permanen milik warga dengan kerugian sekitar Rp2 juta.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana mengatakan, proses evakuasi pohon tumbang telah ditangani oleh para petugas BPBD dibantu warga dan TNI-Polri. Dari laporan yang diterima, ada 4 titik terjadi pohon tumbang. “Tidak ada korban jiwa dan luka-luka. Ini masih kategori ringan. Seluruh pohon tumbang telah dievakuasi,” kata Suadnyana, Minggu (28/2/2021).

Petugas BPBD Buleleng saat melakukan proses evakuasi pohon tumbang yang terjadi di wilayah Kecamatan Sukasada.

Dari Tabanan dilaporkan, Pura Prajapati di Banjar Pemanis, Desa Biaung, Penebel, rusak tertimpa pohon tumbang, Sabtu (27/2/2021) petang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun timbul kerugian material sekitar Rp50 juta.

Pohon tersebut tumbang dan menimpa palinggih padma dan palinggih gedong di pura itu. “Penyebab pohon itu tumbang diduga karena hujan deras seharian yang disertai angin kencang. Arah tumbang pohon tersebut ke pura itu,” ujar warga setempat.

Kasi Kedaruratan BPBD Tabanan, Trisna Widiatmika, usai evakuasi pohon tumbang di lokasi kejadian, Minggu (28/2/2021), mengatakan tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. “Kami senantiasa mengingatkan masyarakat agar berhati-hati saat cuaca masih kurang bersahabat seperti saat ini. Hujan deras yang disertai angin kencang masih ada di sekitar kita,” ucap Trisna. 018/gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.