Hari Bhakti PU ke-75, Dinas PU-TR Diapresiasi Bupati Lobar

330 Melihat
Foto : Sekda Lobar Dr. H. Baehaqi Bersama Kepala Dinas PU-TR Lobar Ir. I Made Arthadana (Korpri) dalam peringatan Hari Bhakti PU ke-75 di Kantor Dinas PU-TR Kabupaten Lobar.

LOBAR, POSBALI.CO.ID – Kamis (3/12) jajaran Dinas PU-TR Kabupaten Lobar memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-75. Berjalan sederhana, peringatan Hari Bhakti PU tersebut menjadi titik balik kebangkitan Dinas PU-TR Lobar dalam mempertahankan dan meningkatkan kemantapan jalan dari Tahun ke tahun.

Kepala Dinas PU-TR Lobar Ir. I Made Arthadana

Keberhasilan tersebut pun mendapat pengakuan dan apresiasi dari Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Lobar Dr. H. Baehaqi. Dengan personil sejumlah 285 orang, Dinas PU-TR telah berhasil mempertahankan dan meningkatkan kemantapan jalan menjadi 69,56 persen atau sekitar 397,57 Kilometer dari 571,58 Kilometer. “Artinya terjadi kenaikan kemantapan sebesar 6,698 persen jalan Kabupaten Lobar,” ujarnya memberi apresiasi.

Pelepasan balon untuk memperingati Hari Bhakti PU ke-75 di Dinas PU Lobar

Dikatakan Bupati, apresiasi yang diberikan tidak hanya padfa aspek kuantitatif saja, melainkan secara kualitatif melalui konsep “Membangun Infrastruktur Desa Menuju Kota”. “Dan kita telah berhasil mengoptimalkan konektifitas jalan ke pusat-pusat pertumbuhan, komoditi unggulan, pengembangan wisata pedesaan, dan terutama dengan Kawasan strategis pariwisata nasional kondisinya yang normal,” imbuh Sekda Lobar membacakan sambutan Bupati Lobar.

 

Tak hanya soal kemantapan jalan, Dinas PU-TR Lobar terus melakukan perbaikan dan pemeliharaan prasarana irigasi di 20 daerah irigasi yang menjadi kewenangan Kabupaten Lobar. Tak berhenti sampai disitu, strategi pembangunan irigasi berikutnya aalah meningkatkan status irigasi desa yang jumlahnya 93 daerag irigasi menjadi irigasi kabupaten.

 

Sementara itu, Kepala Dinas PU-TR Lobar Ir. I Made Arthadana dikonfirmasi usai apel peringatan Hari Bhakti PU ke-75 di kantornya menyatakan bahwa data kemantapan jalan tersebut merupakan kemantapan jalan di tahun 2019. Untuk tahun 2020 ini, dia mengakui bahwa kemantapan jalan di Lobar hanya sepanjang 6,7 Kilometer dari target sepanjang 41 Kilometer. “Ini semua pengaruh dari Pandemi Covid-19 yang berujung pada rasionalisasi anggaran yang dilakukan terhadap hamper seluruh program yang ada,” jelasnya.

 

Namun demikian, dia menjelaskan bahwa beberapa program peningkatan kemantapan jalan yang tertunda di Tahun 2020 terseut sudah diajukan untuk dilanjutkan di Tahun 2021 mendatang. “Yang jelas semua sudah kita ajukan, namun anggaran yang membuat tidak bisa kita tuntaskan. Mudahan Pandemi ini segera berakhir,” harapnya.

 

Dikonfirmasi mengenai ruas jalan yang sudah dibangun Dinas PU-TR Lobar di Tahun 2020 ini, Arthadana mengatakan bahwa tahun ini pihaknya hanya mampu membangun dua ruas jalan yakni jalur Lemer-Sepi di Desa Buwun Mas Sekotong serta penuntasan wilayah jalan di Kawasan Narmada yakni jalur Suranadi-Lembah Sempage. “Itu semua menghubungkan jalur wisata yang ada di daerah Lobar dengan sumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” ungkapnya.

 

Lalu bagaimana dengan tahun 2021 mendatang ? Pria berkumis itu mengatakan bahwa ada anggaran sekitar Rp 14 miliar tersedia. Artinya, dengan anggaran tersebut Panjang jalan yang bisa dicover hanya sekitar 4 Kilometer saja. “Kita berharap semua kembali normal, sehingga apa yang telah kita rencanakan dan kita programkan bisa berjalan dengan baik tanpa ada kekahawatiran pemotongan anggaran atau rasionalisasi,” pungkasnya kemudian. 033

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.