Gempa M 6,3 Goyang Bali

242 Melihat
Tercatat 17 kali Gempa Bumi Susulan hingga pukul 15.06 Wita

MANGUPURA, POSBALI.co.id – Gempa bumi tektonik berkekuatan M 6,3 (Magnitudo), Kamis (19/3) dini hari menggoyang wilayah Bali dan sekitarnya, tepatnya pada pukul 01.45 Wita. Dari informasi yang dirilis Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah III Denpasar, gempa tersebut berpusat di wilayah sebelah barat daya wilayah Kuta Selatan atau di Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara.

Kepala Bidang data dan informasi BBMKG wilayah III Denpasar, Iman Faturahman menerangkan, darin hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi tersebut memiliki parameter awal dengan magnitudo M=6,6, yang kemudian dimutakhirkan menjadi M=6,3. Dimana episenter gempabumi terletak pada koordinat 11.4 LS dan 115.04 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 305 km arah Selatan Kota Denpasar, Bali pada kedalaman 10 km. “Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi itu merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( normal fault ),”ujarnya.

Diakuinya, guncangan gempabumi itu bukan hanya dirasakan di Denpasar, nelainkan juga di Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, Kota Mataram IV MMI. Dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tersebut tidak bsrpotensi memicu timbulnya Tsunami. Hingga pukul 15.06 Wita, tercatat adanya 17 gempa bumi susulan (aftershock), pasca gempa bumi tektonik M 6,3. Gempa tersebut pada umumnya tidak terlalu dirasakan masyarakat, karena magnitudo yang terbesar hanya mencapai 4,7 dan terkecil M 2,9. “Memang ada gempa susulan, karena itu proses pelepasan adanya energi yang terakumulasi. Sampai kapan ini berakhir, ini masih sedang kita pantau. Mungkin jumlah peluruhannya ini banyak, tapi kecil-kecil kekuatannya,”paparnya.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Badung, I Wayan Netra mengaku belum menerima informasi terkait adanya gempa 6,6 Magnitudo yang terjadi di sebelah barat daya Kuta Selatan. “Belum ada info dampak gempa yang masuk ke kami di BPBD,”ujarnya. 023

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.