Forkopimda Denpasar Bahas Pengamanan Pilkada 2020

Rapat koordinasi Forkopimda, KPU dan Panwaslu Denpasar pada Rabu (25/11) di Graha Sewaka Dharma Lumintang.
113 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Pemkot Denpasar bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), KPU Denpasar dan Panwaslu Denpasar melaksanakan rapat koordinasi dalam pelaksanaan pengamanan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020, Rabu (25/11) di Graha Sewaka Dharma Lumintang. Dalam kesempatan ini, Wali Kota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, mengajak Forkompinda Kota Denpasar turut serta bersinergi bersama lembaga adat dan dinas menjaga kekondusifan dalam pelaksanaan pilkada tahun ini.

Lebih lanjut Wali Kota mengatakan, pelaksanaan pilkada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya dengan situasi masa pandemi Covid-19. Menurutnya hal ini menjadi tantangan bersama dalam memberikan rasa aman dan nyaman dalam kondisi Covid-19. Langkah simulasi yang telah dilakukan KPU Denpasar dapat terus dilaksanakan hingga menyasar hampir seluruh wilayah desa sehingga memberikan rasa aman pada pelaksanaan tanggal 9 Desember nanti. “Dengan lebih gencar melakukan edukasi dan publikasi, masyarakat yang tidak mengetahui informasi menjadi mengetahui terkait keamanan dalam pelaksanaan pencoblosan nantinya di masing-masing TPS yang ada,” ujar Rai Mantra.

Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya menyampaikan berbagai tahapan Pilkada Denpasar 2020 hingga nantinya pada tanggal 9 Desember telah dilakukan persiapan. Dijelaskannya, pilkada di tengah pandemi secara tidak langsung menimbulkan sebuah budaya baru, salah satunya pemenuhan kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes). Langkah sosialisasi maupun simulasi pun telah dilaksanakan sesuai pedoman dari pusat. Selain itu, pihaknya telah melaksanakan pemeriksaan tes cepat Corona bekerjasama dengan RSUD Wangaya.

Dia menambahkan, KPU telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Denpasar sebanyak 444.929 dengan jumlah TPS 1.202. Dalam teknis pemilihan nanti akan dibatasi di setiap TPS 500 orang untuk memecah kerumunan warga. “Kami mohon kerja sama dan dukungan semua pihak dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada Denpasar tahun ini yang tetap aman dan nyaman dengan selalu disiplin pada prokes,” kata Arsa Jaya.

Wakapolresta Denpasar AKBP I Wayan Jiartana mengatakan pihaknya telah mengkategorikan kondisi kamtibmas menjelang Pilkada di setiap wilayah di Kota Denpasar yang terdiri dari wilayah aman, rawan, dan sangat rawan. Setiap personel nantinya akan dibagi di setiap TPS, serta telah disiapkan dengan keamanan prokes. “Semoga pelaksanaan Pilwali Denpasar dapat aman dan lancar,” harapnya.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri Dandim 1611 Badung Kolonel Inf. I Made Alit Yudana, Ketua Pengadilan Negeri Denpasar Sobandi, Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar Luhur Istighfar, Ketua Bawaslu Denpasar Putu Arnata, Pj. Sekda I Made Toya, serta pimpinan OPD terkait di Pemkot Denpasar. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.