Festival Kuliner Dimulai di Pantai Tanjung Bias

77 Melihat
Mulai sore ini, Pantai Tanjung Bias akan menjadi lokasi digelarnya Festival Kuliner.

LOBAR, POSBALI.CO.ID – Seiring dengan penurunan level dalam PPKM memberikan dampak positif untuk sektor pariwisata. Aroma kebangkitan dan geliat pariwisata perlahan mulai terasa. Ini terlihat dengan mulainya para wisatawan yang berdatangan ke destinasi wisata.

 

Menyambut hal itu, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pariwisata menyiapkan beberapa event di Lombok Barat. Dalam waktu dekat Dispar akan menggelar event Road To Festival Pesona Senggigi. Aneka event ini juga menjadi upaya Pemkab Lombok Barat menyambut gelaran World Super Bike Mandalika yang akan dilaksnakan akhir tahun ini.

 

Sebagai pembuka rangkaian kegiatan, Dispar bersama Pemerintah Desa Senteluk akan menggelar festival kuliner. Kegiatan ini juga menjadi Launching Festival Pesona Senggigi.

 

Festival Kuliner sendiri akan dilaksnakan pada Selasa (28/9) hari ini dengan melibatkan para pedagang dan pelaku usaha di kawasan wisata yang terkenal dengan sunset poin yang menawan itu.

 

“Ada sekitar 46 lapak pedagang dan pelaku usaha di kawasan itu. Di sanalah lokasi festival kuliner bakal kita adakan,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Saepul Akhkam, Jum’at (24/9).

 

Bukan tanpa alasan Dispar Lombok Barat menggelar kegiatan itu. Selama ini Pantai Tanjung Bias dikenal tidak saja sebagai tempat sunset poin, tapi juga kawasan wisata kuliner.

 

Melalui kegiatan itu, Tanjung Bias diharap lebih semarak pasca pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat. Belum lagi selama pandemi Covid-19, sektor pariwisata dan pelaku usaha merasakan dampak paling serius.

 

Pihaknya sengaja memilih Hari Selasa menggelar kegiatan tersebut. Ini tidak lepas dari masukan para pelaku usaha yang ada di Tanjung Bias.

 

“Setelah kita dapat masukan dari pelaku usaha di Tanjung Bias I dan Tanjung Bias II, Selasa itu rata-rata kunjungan paling sedikit. Hari itu kita ingin genjot jumlah kunjungan,” ucapnya.

 

Festival ini sendiri bakal menjadi ajang bergengsi bagi para pelaku usaha di kawasan tersebut. Ini karena tester yang dilibatkan yakni para chef ternama di NTB.

 

Sedikitnya ada sekitar 5 chef dari sejumlah hotel ternama di kawasan Senggigi yang menjadi tester. Merek inilah yang bakal menilai kelayakan kuliner yang disajikan para peserta festival.

 

Panitia juga menyediakan doorprize makan gratis bagi 240 orang pengunjung yang beruntung. Pengunjung yang datang akan diberikan voucher untuk menikmati hidangan yang telah disediakan di warung-warung yang ada di Tanjung Bias.

 

Selain itu juga akan ada Podcast Dispar (Diskusi Seputar Pariwisata) dengan narasumber yakni Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, Ketua GIPI NTB Awanadi Asinabhawa, dan Pemerhati Pariwisata Indonesia, Taufan Rahmadi. Podcast ini juga akan disiarkan secara langsung di channel YouTube resmi Dinas Pariwisata Lombok Barat. 033

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.