Enam Pendaki Tersesat di Bukit Adeng

Tim SAR gabungan berhasil menyelamatkan enam pendaki yang tersesat di atas Puncak Bukit Adeng, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Senin (7/9).
293 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Tim gabungan yang terdiri atas petugas dari BPBD Tabanan, Basarnas, anggota Polsek dan Koramil Baturiti, serta masyarakat dari Munduk Lumbang dan Desa Angsri, berhasil menyelamatkan enam pendaki yang tersesat di atas Puncak Bukit Adeng, Baturiti, Senin (7/9).

Salah seorang pendaki yang lebih dulu turun ke lokasi parkir, Pasek Pradnya (17), mengatakan bahwa rombongan berangkat dari Denpasar, dibagi dalam dua kloter. Kloter pertama berangkat pada Sabtu (5/9) sekitar pukul 19.00 Wita, berjumlah enam orang, dan bermalam di area parkir bawah, sebelum pendakian.

“Rombongan pendaki kloter kedua berjumlah 19 orang. Berangkat dari Denpasar pada Minggu (6/9) sekitar pukul 08.00 Wita. Titik kumpul di area parkir Puncak Adeng, dan selanjutnya pukul 10.30 Wita, rombongan kami berjumlah 25 orang naik ke atas Puncak Bukit Adeng,” ujar Pradnya.

Sampai di puncak sekitar pukul 12.30 Wita. Di atas puncak, rombongan melaksanakan persembahyangan, bersih-bersih, dan foto-foto. Selanjutnya, sekitar pukul 15.00 Wita, rombongan turun bersama-sama. Sampai di pertengahan puncak, kata Pradnya, rombongan setelah dicek kurang enam orang.

“Ada yang bilang masih di atas, dan ada juga yang bilang sudah turun. Lalu, pendaki yang ada saat itu melanjutkan perjalanan turun ke bawah. Setiba di areal parkir sekitar pukul 17.00 Wita, ternyata enam orang tidak ada di bawah,” ujarnya.

Kepanikan sempat terjadi di antara mereka. Tiga orang kemudian kembali naik mencari keenam orang yang belum kembali kumpul dengan rombongan. Keesokan harinya, Senin (7/9) sekitar pukul 04.00 Wita, tim gabungan melakukan pencarian, sampai akhirnya sekitar pukul 08.16 tim berhasil menemukan keenam orang pendaki yang sempat tersesat itu.

Tim bersama keenam orang itu kemudian tiba di parkiran bawah sekitar pukul 09.37 Wita. Para pendaki yang tersesat itu dievakuasi dalam keadaan sehat dan lengkap.
Keenam pendaki yang tersesat, antara lain Ni Putu Melasti Fitriani (21), I Ketut Oky Emilia (19), Ni Made Nopya Darmapatmi (19), Denis Kanda Wijaya (20), Dewa Putu Indra (20), dan I Gusti Putu Adi Suryawan
(20). gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.