Empat Kelompok Tani di Kintamani Beroleh Bantuan Embung

Salah satu embung milik kelompok tani di Kintamani, Bangli.
176 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Musim hujan memberi dampak positif untuk dunia pertanian, tapi jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka petani akan kewalahan ketika musim kemarau. Mengatasi kesulitan air yang kerap terjadi semacam itu, empat kelompok tani di Bangli disumbang bantuan embung oleh pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli, I Wayan Sarma, Selasa (23/11/2021) mengatakan, keempat kelompok tani yang mendapat bantuan embung tahun 2021 ini seluruhnya di Kecamatan Kintamani. Bantuan diberi berdasarkan proposal yang diajukan dari masing-masing kelompok, sebagian pembangunan embung bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan sebagian dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Masing-masing nilai bantuan Rp120 juta. “Kapasitasnya sekitar 5.000 meter kubik,” jelasnya.

Lebih lanjut diuraikan, bantuan embung itu sebagai tempat penyimpanan air untuk memudahkan pengelolaan irigasi yang luasnya berbeda-beda, antara 20 hektar hingga 25 hektar. Pembangunan embung digarap secara swakelola, pengerjaannya kini rampung. Yang mendapat bantuan semuanya berupa lahan kering, yang dengan adanya air hujan nanti bisa ditampung dalam bambu. Dengan begitu, kekurangan air yang kerap dialami petani saat kemarau bisa diminimalisir. “Selama ini mereka menampung airnya pakai tempat penampungan kecil atau drum terpal,” ulasnya.

Untuk tahun 2022, ungkapnya, sudah ada enam usulan pembangunan embung, dan semua masih dalam proses. Kelompok tani yang mendapat bantuan pembuatan embung untuk mendukung tanaman hortikultura yakni Kelompok Tani Kusuma Luwih, Desa Suter; Subak Abian Nyalian, Desa Terunyan; Kelompok Tani Sari Jeruk, Desa Belantih; dan Subak Abian Abang Bias Puspa Sari, Desa Abang Songan.

“Pemerintah juga memberi bantuan irigasi perpompaan menengah untuk mendukung peternakan, hortikultura dan perkebunan yakni Kelompok Tani Tirta Sari Desa Serai, Kecamatan Kintamani,”pungkasnya. 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.