Eceng Gondok Penuhi Tukad Mati Badung

163 Melihat

Kondisi eceng gondok yang dievakuasi dari hilir muara Tulad Mati oleh petugas BWS

MANGUPURA, POS BALI — BWS Evakuasi Ratusan MANGUPURA, POS BALI – Petugas kewalahan membersihan tanaman eceng gondok di muara tukad mati, Selain terus bertumbuh, juga karena luasnya areal tukad mati yang banyak juga ditumbuhi tanaman tersebut.

Pelaksana Teknis Sungai Pantai I BWS Bali Penida, Nyoman Sugiartana mengatakan , pembersihan tanaman eceng gondok terus dilakukan. Pasalnya,  cuaca saat ini cukup berpengaruh terhadap pesatnya pertumbuhan tanaman tersebut di muara Tukad Mati.

Jika hal itu tidak dibersihkan dengan tuntas, ditakutkan ketika hujan turun maka pembuangan air hujan dari hulu tidak bisa tersalurkan dengan maksimal.  “Ini terus kita lakukan pembersihan. Sekarang pengerjaannya ada di bagian hulu muara Tukad Mati yang dulu dikerjakan Badung,”ujarnya, Kamis (18/11).

Ia menjelaskan semula kegiatan pembersihan dilakukan pihak rekanan dari Adi-Minartha KSO secara manual. Saat itu petugas mengevakuasi kurang lebih 10 pickup tanaman enceng gondok dari hilir muara tukad mati. Kemudian pembersihan dilanjutkan pihaknya dengan menerjunkan eksavator amphibi jumbo, yang sekaligus untuk sekaligus mengangkat sedimentasi endapan di muara.

Dari kegiatan yang dilaksanakan sejak dua minggu lalu, pihaknya mengaku telah berhasil mengangkat kurang lebih 100 truk eceng gondok dari muara Tukad Mati. “Nanti dalam pengangkutan, kami akan berkoordinasi dengan Pemkab Badung terkait dimana sekiranya tanaman ini bisa dibuang. Jadi kita saat ini disimpan sementara di jalan lalulintas alat berat, sambil menunggu tanaman tersebut kering untuk lebih ringan diangkut,”jelasnnya.

Pembersihan ini memakai anggaran dari operasional BWS. Namun kedepan pemeliharaan tersebut tidak bisa dilakukan oleh pihak balai semata. Sebab alur Tukad Matu memiliki panjang 22 Km dengan tingkat sedimentasi yang sangat tinggi.

Karena itulah diperlukan kerjasama dengan pemerintah daerah, khususnya Pemkab Badung. “Nanti kita akan berkoordinasi dengan Pemkab Badung terkait rencana kegiatan penanganan sedimentasi di Tukad Mati. Ini memerlukan kolaborasi dan sinergi, sehingga nanti jelas pembagian tugasnya seperti apa dan siapa mengerjakan dimana,”terangnya. 023

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.