Drainase tak Berfungsi, Senggigi Kebanjiran

396 Melihat
Foto : Ruas jalan depan Hotel Sheraton Senggigi Lobar yang tergenang air deras.

LOBAR, POSBALI.CO.ID – Tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan wisata Senggigi dan sekitarnya Selasa (10/11) sore hingga malam mengakibatkan air meluber hingga ke jalan raya. Tak hanya itu, luapan air juga masuk di beberapa hotel dikawasan tersebut.

Foto 2 : Salah satu pintu masuk Hotel juga tergenang air. Nampak sebuah kendaraan turut terendam walaupun hanya bagian ban.

Informasi yang berhasil dihimpun POS BALI, banjir yang terjadi disebabkan karena tak berfungsi drainase dari perbukitan Senggigi hingga drainase dekat Hotel Sheraton Senggigi. Demikian disampaikan Camat Batu Layar, Syahrudin, Rabu (11/11).

Tak hanya itu, meluapnya air tersebut disebabkan pula oleh tumpukan sampah kebun dari atas perbukitan Senggigi. “Jadi banjir itu bukan disebabkan oleh sampah pariwisata, tapi sampah kebun. Itu terlihat dari banyaknya ranting pohon dan juga pohon bambu yang hanyut terbawa air,” katanya meluruskan.

Tak berhenti sampai disitu, banyaknya pemukiman dan perumahan baru di kawasan wisata itu juga menjadi salah satu pemicu. “Ada beberapa perumahan yang mengalihkan saluran. Itu seharusnya tidak boleh dan akan kita tertibkan lagi,” sambungnya.

Sebagai langkah awal, lanjut Syahrudin, pihaknya sudah mulai melakukan normalisasi dengan mengeruk sedimen drainase yang mulai meninggi. “Kita juga akan manfaatkan lagi penampungan yang di buat oleh Dinas PU-TR,” tegasnya.

Sebelumnya, jajaran Polsek Senggigi langsung turun ke lokasi dengan rekayasa jalur agar tidak terjadi kemacetan. Dipimpin langsung Oleh Kapolsek Senggigi AKP Bowo Tri Handoko, aparat kepolisian bergerak cepat.

Dia mengatakan arus air yang cukup deras dan debit yang banyak tepatnya di depan Hotel Sheraton Senggigi, mengakibatkan sempat mengganggu arus lalulintas. “Arus lalulintas sempat terganggu, yang mengakibatkan macetnya lalu lintas dari arah Kerandangan ke Senggigi dan sebaliknya,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan yang arus lalulintas, Polsek Senggigi mengerahkan personelnya untuk berupaya melancarkan arus air tersebut. “Melakukan pengaturan lalulintas, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas, serta berupaya melakukan pembersihan bersama pihak Hotel,” terangnya.

Dari hasil pemantauan, arus air tersebut datang dari arah bukit,  mengalir ke saluran yang ada di sebelah utara Hotel Kebun Villas & Resort yang langsung mengalir menuju ke jalan raya depan hotel. “Dari pihak Hotel Sheraton telah melakukan penyedotan genangan air dengan mesin pompa, hingga kondisi genangan sudah berangsur surut, dan didukung dengan seiring menurunnya curah hujan,” imbuhnya.

Dengan bantuan mesin pompa penyedot air dan dibantu aparat kepolisian untuk membersihan saluran air, akhirnya aliran air tersebut langsung turun drastis. “Dalam kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, sedang kerugian material belum terdata,” sambungnya.

Dampak dari banjir tersebut juga menggenangi beberapa areal hotel Sheraton Senggigi, diantaranya area parkiran depan loby dan area lapangan tenis.
“Perkembangan saat ini, Polsek Senggigi sedang melaksanakan pengamanan dan pengaturan di area jalan raya senggigi depan Hotel Sheraton, hingga genangan benar-benar surut guna kelancaran arus lalulintas,” tandasnya. 033

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.