DPD RI – AA Gde Agung Sumbang APD ke RSD Mangusada

289 Melihat
Sejumlah Box yang berisi APD diserahkan oleh AA Gde Agung ke RSD Mangusada.

MANGUPURA, posbali.co.id – Anggota DPD RI AA Gde Agung menyerahkan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada Badung, Rabu (8/4/2020). APD tersebut diterima langsung oleh Direktur dr. Ketut Japan disaksikan oleh Kadis Kesehatan Badung dr. Gunarta.

APD yang diserahkan berupa 25 pcs solida coverall, 24 kaca goggle, 4 box masker bedah, 30 sepatu boots, sarung tangan nitril 2 box, alkohol 70 persen 17 liter, serta medicare 0,5 persen 500 ml 24 botol.

AA Gde Agung mengatakan, sluruh pihak harus tat twam asi atau bergotong royong sesuai bidangnya masing-masing untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Yang saat ini urgen itu adalah APD. Meski tidak banyak, mudah-mudahan bisa membantu pihak RSD Mangusada,” terangnya.

Penglingsir Puri Ageng Mengwi ini mengaku, memiliki hubungan emosional dan historis dengan RSD Mangusada. Maka dari itu, pihaknya merasa terpanggil untuk membantu kekurangan APD di RSD Mangusada. “Mari bersama-sama melakukan langkah nyata untuk menanggulangi ini. Karena kita hidup dengan segala keterbatasan. Dengan segala keterbatasan tersebutlah maka dari itu kita harus bergotong-royong,” ujarnya.

AA Gde Agung juga mengajak krama Bali bergotong-royong melawan Covid-19 dengan menaati imbauan pemerintah seperti social distancing dan physical distancing. Beberapa acara adat dan keagamaan di Bali katanya, sudah bisa menyesuaikan imbauan ini. Pihaknya berterimakasih kepada seluruh prajuru adat di Bali. “Imbauan ini perlu diterapkan secara konsisten dan tegas jangan sampai orang berkumpul lebih dari lima orang. Masyarakat yang melanggar perlu ditindak tegas agar paham,” pintanya.

Sementara, Direktur Utama RSD Mangusada dr. I Ketut Japa berterima kasih atas bantuan APD yang memang saat ini sangat kekurangan. Keperluan APD di RSD Mangusada selama tujuh hari kedepan memang masih aman. Namun, pihaknya tidak bisa memprediksi situasi setelah tujuh hari tersebut. “Kami juga berterimakasih kepada masyarakat yang sudah membantu dari segi makanan dan obat-obatan para tenaga medis kami,” katanya

dr. Japa yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Badung Nyoman Gunarta mengaku, bersama tim Satgas Covid-19 berusaha secara maksimal menyiapkan APD untuk para tenaga medis di RSD Mangusada. Lantaran, satu pasien rata-rata membutuhkan 10 APD dalam satu hari. “Jika ada masyarakat yang ingin menyumbang, mohon yang disumbangkan itu APD. Karena tenaga kami mempertaruhkan nyawa untuk menuntaskan wabah Covid-19,” tuturnya. 020

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.