Donor, Kodim Tabanan Kumpulkan 24 Kantong Darah

Kegiatan donor darah di Makodim 1619/Tabanan, Rabu (9/6/2021).
48 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Pandemi Covid-19 belum juga berakhir, sedangkan ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Tabanan sangat minim sehingga kesulitan menyediakan darah untuk masyarakat yang membutuhkan. Terkait hal itu, Kodim 1619/Tabanan ikut mendukung ketersediaan darah di PMI Tabanan, dengan menggelar kegiatan donor darah, di Makodim 1619/Tabanan, Rabu (9/6/2021).

Kegiatan tersebut melibatkan perwakilan anggota militer dan PNS di jajaran Kodim Tabanan, dipimpin Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto. Dandim pun ikut mendonorkan darahnya, yang kemudian dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

Toni mengatakan, kegiatan donor darah yang diselenggarakan Kodim Tabanan bersama PMI Tabanan tersebut rutin dalam rangka mendukung ketersediaan darah di PMI Tabanan. “Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini, kebutuhan darah dikatakan cukup tinggi, sedangkan pendonor masih minim,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, Kodim Tabanan berusaha semaksimal mungkin membantu PMI Tabanan dalam menyediakan darah kepada masyarakat yang membutuhkan, yakni dengan menggelar kegiatan donor darah. Hal itu dilakukan secara kontinu, baik yang bersifat rutin maupun permintaan langsung melalui satuan ataupun orang per orang yang ada di lapangan, seperti babinsa yang tersebar di setiap desa.

Menurut Toni, kegiatan donor darah terkadang juga terkendala dengan kegiatan personel yang padat. “Di samping itu, tidak semua personel yang mendaftarkan diri sebagai pendonor dapat lolos mendonorkan darahnya, karena ada yang tidak lolos dalam pemeriksan sebagai pendonor, seperti karena hipertensi, HB tinggi, ada yang juga karena masih dalam pengobatan atau minum obat. Ada juga yang waktu donornya belum memenuhi syarat,” ujarnya.

Untuk kegiatan donor darah kali ini, yang mendaftarkan diri sebagai pendonor sebanyak 34 orang, namun yang bisa diambil darahnya hanya 24 orang, atau sekitar 70,5 persen. Toni berharap, kegiatan seperti ini akan diadakan lagi pada waktu-waktu mendatang, guna membantu PMI Tabanan mendukung ketersediaan darah.

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan PMI Tabanan itu dipimpin dr. I Made Wida Prasetya, dengan dibantu lima orang tenaga medis. Hasil donor darah terdiri 24 kantong darah, dengan rincian golongan darah O sebanyak 13 kantong, golongan darah A (6), golongan darah B (4), dan golongan darah AB satu kantong. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.