Diterjang Gelombang, Jukung Nelayan Terbalik di Perairan Pantai Pasut

Cuaca ekstrem mengakibatkan salah satu jukung nelayan terbalik di perairan laut Pantai Pasut, Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Jumat (22/1/2021).
129 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Cuaca ekstrem mengakibatkan jukung nelayan terbalik di perairan laut Pantai Pasut, Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Jumat (22/1/2021). Nelayan I Putu Angga Winata (28) yang menaiki jukung tersebut, berhasil selamat.

Nelayan beralamat di Banjar Dinas Payan, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, mengatakan bahwa peristiwa yang dialaminya itu terjadi sekitar pukul 11.00. “Pas kejadian turun hujan deras. Tiba-tiba jukung saya diterjang gelombang hingga terbalik,” ungkap Angga, setelah berhasil diselamatkan nelayan lainnya hingga ke daratan.

Menurutnya, saat jukung itu terbalik, tubuhnya pun terpental di ke laut. Dia mencoba berenang mengambang dan bertahan di sekitar jukungnya yang terbalik, sampai kemudian mendapatkan pertolongan dari beberapa nelayan lainnya di Pantai Pasut.

Sebelum melaut, Angga menyebut jika pada saat itu sekitar pukul 08.00, cuaca di seputaran Pantai Pasut masih cerah dan angin tidak kencang. Hal itu pula yang membuatnya dan nelayan lainnya melaut.

Selanjutnya, sekitar pukul 10.00, tiba-tiba cuaca berubah mendung. Angin pun berembus kencang, disertai turun hujan deras. ‘’Cuaca ekstrem itu mengakibatkan salah satu jukung nelayan terbalik. Namun syukurlah, nelayan tersebut dalam keadaan selamat, setelah ditolong rekan-rekan sesama nelayan dari Pasut,” ujar Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tabanan, I Ketut Arsana Yasa, yang juga anggota DPRD Tabanan dan nelayan dari Banjar Pasut itu.

Sementara informasi dari Kasubbag Humas Polres Tabanan, Iptu I Nyoman Subagia, mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa. “Timbul kerugian material sekitar Rp15 juta. Dan, sampai saat ini jukung yang terbalik masih berada di tengah laut, dan hingga petang ini jukung tersebut masih dalam pencarian,” ujarnya. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.