Diterjang Angin Kencang, Pohon Tumbang Melintang di Jalan

Proses evakuasi pohon tumbang di Banjar Tamantanda, Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, tepatnya di jalur Denpasar-Singaraja Km 48,8, di sebelah utara Pura Pucak Sari, Senin (7/12/2020).
346 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Angin kencang yang menerpa wilayah Kabupaten Tabanan dan sekitarnya mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan melintang di jalan raya, Senin (7/12/2020). Akibat lainnya, juga terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, pohon tumbang karena angin kencang membuat setengah badan jalan tertutup, terjadi di Banjar Belong, Desa Belumbang, Kecamatan Kerambitan. Ada juga pohon tumbang yang menimpa warung sate di Banjar Bedha, Desa Sudimara, Tabanan. Pohon ancak patah di Terminal Pesiapan Tabanan, dan pohon tumbang menutup badan jalan di Banjar Sanggulan Anyar, Desa Banjar Anyar, Kediri.

Sehari sebelumnya, Minggu (6/12/2020), juga terjadi pohon tumbang di Banjar Tamantanda, Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, tepatnya di jalur Denpasar-Singaraja Km 48,8, di sebelah utara Pura Pucak Sari. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00 Wita, ketika pohon jenis lenggung itu tumbang dan juga menyeret beberapa beton tiang listrik dan Telkom.

Kapolsek Baturiti, AKP Fahmi Ramdani, mengatakan, untuk mengevakuasi pohon tumbang pada saat itu tidak memungkinkan, karena hujan deras dan angin kencang, serta cuaca gelap. “Evakuasi baru dilakukan pada hari
ini (Senin), dengan melibatkan unsur dari BPBD Tabanan, DPUPR Tabanan, PLN dan Telkom, serta kami dari Polsek Baturiti bersama jajaran Koramil Baturiti dan Polres Tabanan,” ungkapnya.

Pohon berdiameter sekitar satu meter tersebut, tumbang dan menimpa tiang listrik milik PLN dan kabel Telkom, sehingga roboh dengan posisi melintang di jalan raya jurusan Denpasar-Singaraja. “Pohon tersebut tumbang diduga dipicu karena cuaca ekstrem, yaitu hujan lebat dan angin kencang, serta usia kayu yang sudah tua, dengan posisi di pinggir tebing,” ujarnya.

Arus lalu lintas di Simpang Shortcut 4 dari arah Denpasar diarahkan melalui jalur Shortcut 4. Kayu pohon yang tumbang saat ini sudah bisa dievakuasi, dengan cara dipotong dengan mesin senso. Sementara petugas PLN dan Telkom masih memasang tiang dan kabel, sehingga arus lalin yang biasanya dilalui masih ditutup sementara. “Tidak ada korban jiwa atas perstiwa dimaksud,” imbuh Fahmi.

Pohon tumbang karena angin kencang juga terjadi di Simpang Tiga Banjar Selemadeg Kaja, di depan Pura Tengoli, Senin (7/12/2020) sekitar pukul 13.30 Wita. “Di samping itu, juga karena kondisi batang pohon jenis boni itu lapuk, sehingga saat diterpa angin kencang pohon berdiameter sekitar 80 sentimeter itu tumbang dan menutup badan jalan di jalur Denpasar-Gilimanuk,” ujar Kapolsek Selemadeg, AKP Kadek Ardika.

Tumbangnya pohon tersebut juga memutuskan jaringan kabel listrik. “Personel Polsek Selemadeg datang ke TKP bersama masyarakat setempat, dan bersama-sama mengevakuasi, membersihkan, dan memotong kayu yang
menghalangi jalan. “Kami juga sudah menghubungi PLN Tabanan, supaya sesegera mungkin mengambil tindakan perbaikan saluran listrik. Pada pukul 14.15 Wita, proses evakuasi sudah tuntas, dan akses jalan pun sudah dibuka, sehingga arus lalin pun kembali normal,” ujarnya. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.