Dipukul Corona, Usaha Pembuatan Perahu Cepat Kurangi Karyawan

Foto: PERAHU CEPAT USAHA pembuatan perahu cepat (speed boat) fiberglass yang digeluti I Komang Suardana di Dusun Yeh Kali, Desa Seraya Tengah, Karangasem. Foto: nad
858 Melihat

KARANGASEM, posbali.co.id – Wabah Covid-19 sangat dahsyat memukul perekonomian global. Tak terkecuali usaha pembuatan perahu cepat (speed boat) fiberglass yang digeluti I Komang Suardana di Dusun Yeh Kali, Desa Seraya Tengah, Karangasem, juga turut kena imbas.
‘’Ya di Desa Seraya Tengah ada empat usaha pembuatan jukung dan satu usaha khusus pembuatan speed boat saat ini ikut terdampak karena Corona,’’ ujarnya, Selasa (28/7).
Jika sebelum Corona, usahanya membuat perahu cepat yang sudah digeluti sejak tujuh tahun sudah mengalami kemajuan drastis. Usaha yang ditekuni memperoleh omzet ratusan juta per bulan. Semenjak dihantam badai Corona, usahanya tak bisa berkutik. Bahkan, saat ini ada enam unit speed boat yang telah selesai digarap belum berani dikirim lantaran masih menunggu kepastian dari pemesan untuk dikirim.
Ia menyebut, selama ini perahu cepat hasil karyanya banyak di pesan dari usaha wisata bahari maupun nelayan dari Nusa Penida, Lombok, bahkan dari Labuan Bajo. Komang Suardana yang juga Perbekel Desa Seraya Tengah, didampingi adiknya I Made Juwita yang anggota DPRD Karangasem ini menambahkan, sebelum Corona tempat usahanya mempekerjakan lebih dari 20 orang tenaga lokal. Namun, semenjak Corona hanya mempekerjakan dua orang, sisanya untuk sementara dirumahkan.
Suardana menjeskan, untuk proses pengerjaan satu unit speed boat memakan waktu sekitar sebulan. Memang, tidak mudah membuat perahu berbahan baku fiberglass karena butuh keahlian dan keterampilan khusus. Seluruh bahan baku didatangkan dari Surabaya. Harga satu unit perahu cukup beragam. Mulai Rp150 juta hingga Rp250 juta bergantung jenis dan besar perahu.
Para pemesan berasal dari berbagai daerah yang memiliki wilayah bahari atau perairan yang mayoritas warganya nelayan. 017

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.