Dibuka Rektor Unud, Senastek Tahun 2021 Diseminasikan 1.304 Makalah

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU saat memberi sambutan pada pembukaan Senastek Tahun 2021, Rabu (24/11/2021).
212 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Senastek) Tahun 2021 pada tanggal 24-26 November 2021. Senastek tahun ini mengangkat tema “Riset Inovatif, Kreatif dan Kolaboratif untuk Pembangunan Unggul Berkelanjutan”. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU di Gedung Agro Kompleks Unud Sudirman, Rabu (24/11/2021).

Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, M.Si menyampaikan Senastek tahun 2021 merupakan Senastek yang ke-8 sejak digulirkan tahun 2013. Pelaksanaan kegiatan saat ini masih dalam suasana kondisi pandemi Covid-19 sehingga Senastek 2021 dilakukan secara daring atau virtual dengan menggunakan aplikasi Webex meeting.

Senastek hari pertama menghadirkan enam orang pembicara kunci, tiga di antara lain, Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU. Menko Bidang Perekonomian; Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; dan Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek. Di hari kedua dan ketiga dilaksanakan pararel section untuk mendesiminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang telah lolos seleksi. Terdapat 1.304 makalah yang terdiri dari 1.053 makalah penelitian dan 251 makalah pengabdian yang didesiminasikan.

“Senastek ini dilaksanakan sebagai agenda akademik tahunan pada bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi seluruh dosen atau peneliti dari internal Unud dan berbagai institusi di seluruh Indonesia untuk mempresentasikan, mendiseminasikan atau menyosialisasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan,” katanya.

Prof. Suarsana melanjutkan, tema Senastek tahun ini sejalan dengan isi RIP Unud 2022-2026 dan Visi RIRN 2017-2045, yaitu “Indonesia 2045 Berdaya Saing dan Berdaulat Berbasis Riset”, yang mengandung makna bahwa riset menjadi motor utama untuk menghasilkan invensi dan inovasi. Kolaboratif bermakna riset dilaksanakan dalam bentuk sinergi riset yaitu kerja sama riset beberapa institusi yang dapat terdiri dari lembaga riset pemerintah, lembaga riset perguruan tinggi dan industri yang saling bersinergi. Dalam kerja sama ini lebih diutamakan agar memenuhi unsur-unsur triple helix A-B-G (Academia, Business, Government) yaitu lembaga riset pemerintah, lembaga riset perguruan tinggi, dan industri. Pembangunan unggul berkelanjutan bermakna pencapaian tujuan SDGs (17 capaian).

Rektor Unud Prof. Antara dalam sambutannya menyampaikan, Unud telah secara konsisten selalu meng-upgrade potensi SDM dan sarana prasarana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga selalu berusaha menjadi yang terdepan pada kemajuan riset ilmiah. Salah satunya dilakukan melalui pembangunan dan pengembangan jejaring ilmiah. Membangun jejaring para ilmuwan ini untuk mendorong kemajuan sains dan teknologi semakin berkembang Unud.

“Salah satunya melalui Senastek ini diharapkan menjadi salah satu cara untuk mengembangkan jejaring penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pada penerapan riset dosen, luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus berhasil mendapat rekognisi nasional dan internasional serta berdampak pada masyarakat yang merupakan IKU ke-5 dari 8 IKU PT,” kata Prof Antara.

Rektor menambahkan, Unud gencar melakukan kerja sama dengan berbagai dengan kerja sama erat dengan dunia usaha dan dunia industri, instansi/departemen/lembaga pemerintah dan swasta. Dari kebijakan penelitian, dengan adanya hibah penelitian 15% dari PNBP, harus bisa dimanfaatkan oleh para peneliti di Unud untuk mengembangkan penelitian hingga memperoleh luaran yang terregkonisi dan berdampak bagi masyarakat. Unud juga secara rutin memberikan insentif untuk publikasi luaran baik pada jurnal internasional bereputasi, jurnal nasional terakreditasi, hak cipta, buku dan luaran lainnya. rap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.