Diah Srikandi Promosikan Songket Jembrana ke Konjen Amerika Serikat

Diah Srikandi tampak memakaikan udeng ke Dylan Hoey
325 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Songket khas Jembrana yang memiliki corak tersendiri, sehingga berbeda dengan songket yang ada di Bali. Namun, kekhasan songket Bumi Makepung ini belum banyak yang mengetahuinya.

Untuk itu, secara khusus Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Bali, IGA Diah Werdhi Srikandi Wedastraputeri Suyasa memperkenalkan langsung Songket Jembrana kepada Konjen Amerika Serikat di Surabaya.

Bahkan, Diah Srikandi memakaikan langsung udeng dan juga saput songket Jembrana kepada Wakabid Politik dan Ekonomi Konjen Amerika Serikat, Dylan Hoey ketika bertemu dirinya di Museum Agung Bung Karno di Renon, Denpasar, Jumat (22/10).

“Ini pertama kali saya memakai pakaian adat Bali. Saya sangat senang sekali,” kata Dylan kepada Diah Srikandi.

Sementara itu, Diah Srikandi menuturkan, kain songket Jembrana merupakan salah satu songket terbaik di Bali. Dengan berbagai corak, motif dan warna, songket ini sangat cocok dipadukan dengan kebaya modern.

“Suatu kehormatan bagi saya bisa memakaikan udeng kepada Bapak Dylan. Apalagi ini pertamakalinya menggenakan pakaian adat Bali,” ungkap Diah Srikandi yang juga Wakil Ketua Komisi III DPRD Bali ini.

Songket yang diberikan kepada Konjen tersebut, lanjut Diah Srikandi, merupakan karya pengerajin binaan Dekranasda Bali, yakni Arca Kebaya.

Diah Srikandi menuturkan, tak hanya songket, Jembrana juga memiliki berbagai potensi untuk dikembangkan ke depannya. Seperti di pertanian dan juga perikanan.

“Letak geografisnya sangat mendukung. Kabupaten Bali Barat ini memiliki pegunungan, sawah, laut dan juga kawasan hutan,” bebernya.

Bahkan, lanjut dia, atraksi budaya seperti makepung yang merupakan satu-satunya tradisi balap kerbau yang ada di dunia, dan juga jegog, music tradisional yang terbuat dari bambu.

Begitu juga dengan kulinernya, Jembrana memiliki masakan khas tersendiri. Tak ada di kabupaten/kota lainnya. Yakni lawar klungah yang merupakan makanan khas yang terbuat dari kelapa yang palin muda.

“Ini hanya sebeberapa keunikan Jembrana yang wajib diekplor jika berkunjung ke Bali Barat,” tandasnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.