Dewi” Catur Tingkatkan Imunitas Balita Saat Pandemi

Kader Posyandu di Desa Wisata Catur Kitamani sedang mengikuti pelatihan pijat bayi
Kader Posyandu di Desa Wisata Catur Kitamani sedang mengikuti pelatihan pijat bayi
130 Melihat

MANGUPURA, POS BALI- Pandemi Covid 19 membuat banyak perubahan dalam tatanan masyarakat. Salah satunya adalah upaya masyarakat meningkatkan imunitas agar bisa melawan corona virus. “Imunitas yang baik menjadi kunci kesembuhan dan kebugaran tubuh bayi dan balita di tengah pandemi,” kata Indah Paramita SST.Ft, M.Fis di kampus Dhyana Pura, Dalung, Kamis (29/7).

Melalui Program Kemitraan Masyarakat Posyandu Banjar Mungsengan Desa Wisata (Dewi) Catur Kecamatan Kintamani Hibah DRPM Kemenristek/BRIN tahun 2020, Universitas Dhyana Pura (Undhira) melakukan pelatihan dan pendampingan terhadap Kader Posyandu dan Orang Tua di Banjar Mungsengan Desa Catur Kecamatan Kintamani.

Tim Pengabdi diketuai Indah Pramita, SST.Ft, M.Fis. Ia mengatakan, kegiatan pendampingan ini didukung Ibu Kades Desa Catur, Ana Setyowati serta Ketua Posyandu Banjar Mungsengan Ibu Ni Wayan Restiti demi meningkatkan perkembangan Bayi dan Balita.

“Kegiatan yang diberikan oleh Tim Undhira meliputi Deteksi Dini Tumbuh Kembang, Pelatihan Pijat Bayi, Penyuluhan Gizi Seimbang, ASI Eksklusif, dan MPASI serta pelatihan pembuatan makanan tambahan bagi Bayi dan Balita” kata Indah Pramita

Ditengah Pandemi covid 19, antusias kader dan orang tua dalam mengikuti pelatihan ini tinggi. Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan gubernur Bali. “Kader posyandu kami belum mampu melakukan deteksi dini tumbuh kembang sehingga pelatihan ini sangat membantu dalam meningkatkan ketrampilan kader untuk melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak” kata Ketua Posyandu Ibu Ni Wayan Restiti.

Selain itu Tim Undhira yang beranggotakan Ni Made Diaris S.Si.T, M.Kes dan Resti Kusumarini Samben, S.Gz, M.Kes juga melakukan pelatihan pijat bayi kepada kader dan orang tua bayi dan balita. “Pijat bayi terbukti dapat meningkatkan jam tidur bayi, asupan ASI dan produksi ASI, meningkatkan berat badan serta meningkatkan imunitas bayi dan balita”,  kata Indah Pramita.

Penyuluhan Gizi seimbang diberikan untuk meningkatkan pertumbuhan dari asupan makanan sehari-hari. Ni Made Diaris, S.Si.T, M.Kes menyampaikan materi tentang ASI Eksklusif dan MPASI. “Pemberian ASI Eksklusif dan MPASI tepat usia sangat penting bagi perkembangan awal bayi, dan juga dapat mencegah terjadinya stunting pada anak “ kata Diaris. poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.