Desa/Kelurahan di Denpasar Zona Hijau, Tim Yustisi Tak Kendorkan Operasi Prokes: Tak Pakai Masker Denda Rp100 Ribu

Pelanggar prokes yang terjaring operasi Tim Yustisi di Jalan Angsoka Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar utara, Rabu (24/11)
98 Melihat

DENPASAR, POS BALI- Kendati kasus Covid-19 melandai dan semua Desa/Kelurahan masuk zona hijau, namun penertiban protokol kesehatan (Prokes) tetap gencar dilakukan oleh Tim Yustisi Kota Denpasar.

Para pelanggar prokes yang terjaring dalam operasi itu ditindak tegas.

Pada Rabu (24/11/2021), Tim Yustisi melakukan operasi penertiban prokes di
di Jalan Angsoka Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar utara.

Ada 32 pelanggar prokes yang terjaring dalam operasi ini. Sebanyak 13 orang didenda di tempat masing-masing Rp100 ribu karena tidak memakai masker. Sisanya diberi pembinaan berupa sanksi fisik push up karena memakai masker dengan tidak benar.

Kasatpol PP Kota Denpasar Dewa Gede Anom Sayoga mengatakan, pihaknya terus melakukan penertiban prokes karena penularan Covid-19 masih terjadi walaupun kasusnya sudah melandai.

Pertimbangan lainnya, masyarakat belum semuanya disiplin menerapkan prokes sehingga perlu dilakukan penertiban terus menerus. Ia mengaku, saat melakukan penertiban, masih saja ditemukan warga yang melanggar prokes seperti tidak memakai masker.

“Karena masih adanya pelanggaran prokes kami akan semakin gencar melakukan penertiban,” kata Sayoga.

Ia menambahkan, penertiban prokes itu terus dilakukan untuk menekan penularan Covid-19 di Ibu Kota Provinsi Bali ini.

“Untuk menekan terjadinya penularan maka kami terus melakukan penertiban,” tegasnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan dalam upaya menekan penularan Covid-19, saat melakukan penertiban pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk menaati prokes.

“Jika ditemukan pelanggar akan diberikan sanksi fisik berupa push up di tempat dan sanksi administrasi,” tegasnya.

Sementara itu update kasus Covid-19 di Kota Denpasar pada Rabu (24/11/2021), kasus positif tujuh orang, pasien sembuh tiga orang, dan tak ada pasien meninggal dunia.

Secara komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar sebanyak 37.865 orang, pasien sembuh 36.789 orang (97,17) persen), meninggal dunia 999 orang (2,63 persen) dan pasien yang masih dalam perawatan 77 orang (0,20 persen).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai meminta masyarakat tak kendor menerapkan prokes kendati kasus Covid-19 melandai.

“Tidak boleh kendor dalam menerapkan protokol kesehatan, karena jika lengah dan abai dengan prokes tidak menutup kemungkinan kasus covid sewaktu waktu bisa kembali meningkat. Kita harus terus waspada dan disiplin prokes,” kata Dewa Rai.

“Hindari kerumunan, jaga jarak, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas,” pungkasnya. 010

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.