Desa Dangin Puri Kaja Koordinasikan Soal Pengarakan Ogoh-ogoh Saat Pengrupukan

Suasana rapat koordinasi di Desa Dangin Puri Kaja, Kota Denpasar, Kamis (19/3).
522 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Desa Dangin Puri Kaja melaksanakan rapat koordinasi membahas rangkaian hari raya Nyepi terutama pelaksanaan pengrupukan di tengah pandemik virus Corona (Covid-19) pada Kamis (19/3) di kantor desa setempat. Dalam rapat ini, Perbekel Dangin Puri Kaja menekankan pentingnya sinergitas adat dan dinas melaksanakan tradisi, namun tetap mengindahkan instruksi pemerintah tentang pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami sudah rapat koordinasi dengan BPD, prajuru adat dan dinas, sekaa teruna, PHDI Desa. Kami tetap mengacu dengan imbauan Majelis Desa Adat dan Pemerintah Daerah. Intinya, jam 11 malam pengarakan ogoh-ogoh sudah selesai dan akan dilakukan penyemprotan massal disinfektan,” kata Perbekel Dangin Puri Kaja, Anak Agung Ngurah Gede Cahyadi, usai rapat.

Ia menegaskan kepada para prajuru dan tokoh masyarakat untuk mengkondisikan para pemuda banjar supaya pengarakan ogoh-ogoh tidak berlangsung lama. Ia menyadari keberadaan ogoh-ogoh di desanya terutama di Banjar Tainsiat menjadi barometer dan selalu menjadi perhatian masyarakat luas. Parade ogoh-ogoh dari Tainsiat menuju Patung Catur Muka saat malam pengrupukan selalu dinanti oleh ribuan penonton.

Dalam pengrupukan kali ini, pihaknya sudah meminta sekaa teruna Banjar Tainsiat untuk melakukan pengarakan ogoh-ogoh lebih awal sehingga tidak berlangsung sampai larut malam. “Tahun ini ogoh-ogohnya mengusung tema Tedung Agung, rencananya juga mengelar pementasan dengan melibatkan 100 tedung. Setelah kami koordinasi mengingat kondisi saat ini, akhirnya disepakati dikurangi durasi dan personelnya,” jelasnya.

Agung Cahyadi memahami anak-anak muda sudah menyiapkan ogoh-ogoh sejak tiga bulan lalu. Oleh karenanya, agar tidak memunculkan ketersinggungan, diharapkan pendekatan dari para prajuru dan tokoh di banjar. “Jangan sampai terjadi misskomunikasi,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan pengrupukan nanti, ia mengingatkan masyarakat memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Di antaranya mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas, serta mengenakan masker. “Untuk penyemprotan disinfektan usai pengrupukan, itu disepakati bersama tiga desa yakni Dangin Puri Kangin, Dangin Puri Kaja, dan Dangin Puri Kauh,” imbuhnya.

Di sisi lain, Pemerintah Desa Dangin Puri Kaja mengambil sejumlah langkah mengantisipasi wabah Corona. Di antaranya, menyiapkan jadwal penyemprotan di masing-masing dusun hingga ke gang-gang dan fasum di desa. Selain itu, memanfaatkan jumantik yang sering turun ke lapangan dan menggandeng Badan Litbang Kota Denpasar dimulai pada Jumat ini. Jumantik akan menjelaskan DBD, sedangkan Litbang menyosialisasikan terkait virus Corona.

“Untuk di kantor desa, kami jalankan sesuai protap kesehatan seperti cuci tangan dan memakai masker bagi petugas pelayanan, serta mengatur jarak tempat duduk di ruang pelayanan,” imbuh perbekel dua periode ini. 026

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.