Demer Kritik Erick Tohir Mejeng di ATM Bank BUMN: Kampanye Terselubung

Wajah Erick Tohir di mesin ATM BRI
990 Melihat

DENPASAR, POS BALI- Tampilan layar mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di bank -bank BUMN kini berbeda. Saat bertransaksi di mesin-mesin ATM tersebut, nasabah disuguhi wajah dan pesan sang Menteri BUMN, Erick Tohir.

Pada layar monitor ATM BRI, misalnya. Foto Erick Tohir tampak menggunakan setelah jas hitam. Wajah senyumnya terpampang jelas. Tampak juga tulisan “Peringatan 1 Tahun AKHLAK”. Ditampilkan juga akronim dari kata AKHLAK, yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif.

Di bawah foto Erick Tohir terdapat kutipan pernyataannya: “AKHLAK sebagai core values menjadi aspek kunci bagi perusahaan BUMN dalam menjalankan seluruh aktivitas perusahaan, mencapai kinerja terbaik berkontribusi untuk Indonesia”.

Kemunculan foto Erick Tohir di layar ATM bank BUMN mengejutkan banyak pihak. Tak sedikit yang mengeritiknya. Ada yang menyebutnya Erick Tohir memanfaatkan layar mesin ATM bank-bank BUMN untuk kampanye terselubung Pilpres 2024. Ya, nama Erick Tohir selama ini disebut-sebut bakal bertarung pada Pilpres 2024 mendatang.

Kritikan itu juga datang dari Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih alias Demer. Kementerian BUMN adalah salah satu mitra kerja Komisi VI DPR RI. Demer dengan Iantang menyebut Erick Tohir melakukan kampanye terselubung untuk Pilpres 2024. “Itu kampanye terselubung,” kata Demer. Ia meminta Erick Tohir untuk tidak memanfaatkan mesin ATM bank-bank BUMN untuk kampanye terselubung Pilpres 2024.

Jabatan Erick Tohir sebagai Menteri BUMN, menurut Demer, bukan alasan yang tepat untuk menampilkan dirinya di mesin-mesin di ATM bank BUMN. Jika langkah Erick Tohir itu dibenarkan, nanti menteri lain seperti menteri Keuangan juga minta ditampilkan di mesin-mesin ATM itu.

Yang tak kalah penting, lanjut politikus Partai Golkar ini, mesin-mesin ATM adalah fasilitas untuk kepentingan publik yang harus dijauhkan dari kepentingan politik siapapun. “Jadi tidak wajar foto menteri BUMN muncul di mesin-mesin ATM. Itu fasilitas publik walaupun itu mesin ATM bank BUMN,” tegas Demer.

Daripada sibuk melakukan kampanye terselubung, Demer meminta Erick Tohir untuk fokus membenahi kinerja BUMN. Apalagi presiden Jokowi sudah menyoroti kinerja sejumlah BUMN. “Jangan lagi sibuk dengan urusan yang tidak ada hubungannya dengan kerja BUMN. Fokus benahi kinerja BUMN,” pungkas Demer. 010

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.