CTC Kenalkan Escape Room, SOS Plastik Danger

CTC Kenalkan Escape Room, SOS Plastik Danger
315 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Bertepatan dengan peringatan Hari Laut Sedunia yang jatuh setiap tanggal 8 Juni, Coral Triangle Center (CTC) memperkenalkan Escape Room, SOS Plastik Danger.

Wahana ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat tentang bahaya sampah plastik bagi ekosistem laut dan juga pesisir, sehingga diperlukan partisipasi masyarakat lokal untuk konservasi laut.

Direktur Eksekutif Coral Triangle Centre (CTC) Rili Djohani mengatakan, kesadaran pemerintah dan juga masyarakat Bali tentang sampah plastik telah mulai tumbuh. Kendati demikian, lanjut dia, masih banyak ada sampah plastik di laut.

“Bali yang mengantungkan perekonomian dari pariwisata harus bersih dari sampah plastik,” katanya di Sanur, Denpasar, Selasa (8/6).

Menyikapi hal itu, pihaknya berkomitmen untuk mewujudkan Bali bebas sampah plastik.

“Kami melakukan edukasi kepada masyarakat, dan mencoba mencegah sampah plastik dengan beralih ke bahan alami, yang bisa di-reduce, zero waste, dan pembungkus kembali ke dedaunan,” ujarnya.

Dia menambahkan, langkah pasti untuk mengurangi sampah plastik ini diharapkan berdampak tidak hanya bagi ekosistem laut, akan tapi juga bagi manusia.

“Ini juga akan mempengaruhi pendapatan atau penghasilan dari masyarakat yang bergantung pada laut itu,” katanya.

Menurutnya, CTC sebagai lembaga yang bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat, berupaya menjangkau sebanyak-banyaknya masyarakat, institusi pemerintah untuk bisa meningkatkan kapasitas mereka, penyadartahuan, dan pengetahuan mengenai bahaya plastik.

“Konservasi laut sangat penting bagi kehidupan di masa yang akan datang melalui upaya reuse, reduce, dan recycle,” tandasnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.