Cok Ace Lulus ‘Akademi’ Covid-19

Wagub Cok Ace saat meninjau Vaksinasi Covid-19 Sektor Jasa Keuangan di Denpasar, Jumat (23/7).
60 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) berbagi tips penting dalam menghadapi paparan Covid-19. Langkah pertama kata Cok Ace adalah meningkatkan imun, menguatkan jati diri, rohani, dan jasmani dengan cada mengikuti vaksinasi.

“Vaksin meningkatkan imun tubuh kita secara jasmaniah. Untuk secara rohaniah, saya melihat seperti proses pendidikan,” tutur Cok Ace saat acara Vaksinasi Covid-19 Sektor Jasa Keuangan di Denpasar, Jumat (23/7).

Pengelingsir Puri Ubud ini menuturukan, sebagai penyintas dirinya sangat memahami betul dengan paparan Covid-19.

Karena dia selama dua minggu/14 hari dididik ‘akademi’ Covid-19 dengan dibiayai penuh oleh pemmerintah. “Jika tidak lulus, mungkin turun pangkat dari isolasi ke ICU, atau langsung ke kuburan,” tuturnya.

Namun karena dirinya taat mengikuti ‘kuliah’, anjuran yang disarankan dokter, akhirnya dinyatakan lulus dan diberikan selembar kertas yang menyatakan hasil negatif Covid-19. “Astungkara,” ujarnya.

Cok Ace juga menuturkan pengalamannya saat dirawat. Rekannya yang tidak memiliki diabetes saat masuk ke Rumah Sakit Bali Mandara karena terpapar, tiba-tiba naik 300 gula darahnya.

“Itu karena ada rasa takut dan khawatir. Inilah perasaan takut dan tertekan harus dihindari. Ini adalah suatu proses pendidiakn melatih hidup kita untuk bersyukur, di mana kita harus taat,” bebernya.

Cok ace juga tak menampik kerap menerima selentingan netaif bahwa dirinya digaji sehingga tetap bahagia, sedangkan yang lain susah untuk mencari makan.

“Saya juga mempunyai beberapa properti yang harus mengaji anak-anak. Akhirnya saya minjem uang,” ujarnya.

Untuk menunjukkan rasa empati, Cok Ace mendaku mulai bulan Juli dirinya tidak menerima gaji. Cok Ace mengatakan, gaji dikembalikan karena rasa empati kepada masyarakat yang terdampak akibat mewabahnya virus ini.

“Hidup saya sudah cukup, hidup saya syukuri yang diterima dari pemrintah, saya dikasi makan, mobil dikasi bensin, itu sudah lebih daripada cukup. Kalaupun sempat sakit, syukur saya sudah bisa sembuh. Syukur juga bisa cepat tahu sakit, kalau terlambat?” tandasnya.

Cok Ace juga menngajak masyarakat untuk menghindari hal-hal yang berpotensi bisa tertular virus ini. Yakni 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta mengikuti segala aturan pemerintah. “Harus kita ikuti. Tidak ada jalan lain,” ujarnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.