Cerita Kresensia Terapkan Prokes kepada Keponakannya: Kini Semangat Pakai Masker

Keponakan Kresensia dibiasakan memakai masker
112 Melihat

DENPASAR, POS BALI- Anak-anak kini rentan tertular Covid-19. Hingga akhir Juni lalu, hampir 5.000 anak di Provinsi Bali tertular Covid-19.

Disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) adalah kunci terhindar dari Covid-19. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga kini harus disiplin prokes.

Anak-anak usia balita bahkan turut dibiasakan oleh orangtuanya untuk menerapkan Prokes.

Kresensia melakukan itu kepada keponakannya. Meski masih berusia tiga tahun, keponakannya itu sudah mengerti bahwa jika ingin keluar rumah harus menggunakan masker.

“Dia tahu, kalau mau ikut jalan ke luar harus pakai masker. Dia semangat sekali kalau pakai masker,” katanya.

Ia juga menjauhkan keponakannya dari kerumunan. Kresensia biasanya mengajak keponakannya ke luar rumah hanya ke warung dekat rumah dan tidak ke tempat yang berkumpul banyaknya orang. “Tapi meski nggak ramai, anak tetap diajak pakai masker,” tegasnya.

Kresensia menambah penggunaan masker oleh keponakannya tidak berlangsung lama, hanya untuk keperluan ke warung. Tiba di rumah langsung dilepas.

Selain itu keponakannya juga sudah mengerti ketika merasa pengap akan langsung membuka maskernya. “Sejauh ini dia betah pakai masker, tapi dipakainya juga cuma bentar aja. Dia juga sudah bisa lepas maskernya atau bilang kalau merasa capek pakai masker atau ngerasa pengap,” katanya.

Selain menggunakan masker, Kresensia juga membiasakan untuk sering mencuci tangan, terutama setelah beraktivitas dari luar rumah.

Seperti ketika pulang dari warung, Kresensia langsung mengajak keponakannya mencuci tangan terlebih dahulu.

“Saya ajarin kalau habis dari luar harus cuci tangan dulu. Sekarang dia sudah mulai terbiasa dan sudah tahu kalau habis dari luar harus cuci tangan,” katanya.

Kresensia juga tak sembarang memberikan makanan untuk dipegang, seperti halnya jajanan yang dibeli di warung.

“Meski kita beli jajannya bareng, tapi saya nggak kasih dia pegang langsung. Sampai rumah saya semprot dulu, dibersihkan dulu,” katanya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, dirinya selalu mengingatkan keluarga dan saudaranya yang memiliki anak kecil untuk dibiasakan menerapkan prokes.

“Saya bilang mereka anak-anak harus pakai masker kalau ke luar rumah. Pulang ke rumah biasakan cuci tangan. Anak-anak kini rawan juga tertular Covid-19,” katanya. 010

Keponakan Kresensia dibiasakan memakai masker

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.