Bupati Mas Sumatri Luncurkan KIA

342 Melihat

KARANGASEM, POSBALI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Selasa (13/5) meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA). 

Acara tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis KIA kepada perwakilan empat  anak oleh Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri bertempat di Wantilan Kantor Bupati Karangasem.

Kegiatan  ini dilanjutkan dengan sosialisasi KIA serta Program Dukcapil Go-Digital tanda tangan elektronik dan akta kelahiran online kepada para Camat dan Lurah, Perbekel dan para kepala Wilayah se Kabupaten Karangasem.

Bupati Mas Sumatri mengatakan, KIA tersebut bertujuan untuk mempersiapkan generasi penerus yang sebaik-baiknya. ”Makanya pemerintah melaunchingkan KIA ini. Tidak cukup dengan hanya akte kelahiran, tapi sekarang ada KIA,” ujarnya. 

Dikatakannya, KIA tersebut digunakan supaya pemerintah memiliki basis data yang akurat.

“Jangan dianggap remeh kartu kecil ini. Sebab kartu itu akan menentukan perencanaan pembangunan di masa yang akan datang. Makanya kita mulai sukseskan program pusat tersebut,” tambahnya.

Dijelaskan, saat ini, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri telah melakukan inovasi pelayanan publik dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Karangasem, Wayan Sumidia menyampaikan KIA itu bertujuan untuk perlindungan anak. Di dalam UU No. 24 tahun 2013 tentang Kependudukan sudah mengamanatkan bahwa Pemerintah harus memberikan hak perlindungan kepada anak. “Salah satu hak perlindungan anak itu yakni, memberikan identitas kepada anak melalui KIA,”jelasnya.  nad/adv

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.