Bupati Dana Rumuskan Tata Kelola Air, Kaji Gunakan Air Danau Batur

I Gede Dana
118 Melihat

KARANGASEM, posbali.co.id – Kesulitan air bersih di kawasan Tianyar Tengah, Kubu, Karangasem yang rutin terjadi pada musim kemarau, sudah masuk dalam agenda untuk diselesaikan Pemkab Karangasem. Namun, strategi untuk menghadirkan solusi bagi masyarakat setempat itu masih dalam kajian Pemkab.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, berkata untuk saat ini air Telaga Waja sulit untuk memenuhi kebutuhan warga di Tianyar Tengah. Secara regulasi pengadaan tanah, tidak boleh membangun di lahan sendiri, kecuali Pemkab membeli tanah dan menghibahkan ke Balai Wilayah Sungai Bali-Penida. Atau Pemprov Bali membeli tanah lalu menghibahkan ke Balai.

“Komitmen bagaimana bisa nanti mengambil air dari Danau Batur, saya berusaha desa mana yang harus disuport dengan air. Nanti kalau bisa kami tarik yang di Danau Batur,” ujar Dana, Kamis (14/10/2021).

Di samping itu, jelasnya, ada program dengan dana Rp1,3 miliar per desa dengan sumur bor, terutama di daerah Ban, Kubu, Tulamben yang tahun ini bisa dikerjakan. Meski begitu, Dana berkata masih sedang merumuskan tentang tata kelola air yang ada di Karangasem. “Kalau debit air, rasio manusia dengan debit air dibagi jumlah penduduk itu cukup. Hanya saja kita belum mampu kelola dengan baik,” tandasnya. 017

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.