Bupati Bangli Lantik Penjabat Perbekel Desa Persiapan Pulasari

Bupati Bangli melantik Penjabat Perbekel Desa Persiapan Pulasari, Kecamatan Tembuku, Rabu (30/6/2021).
244 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Meningkatkan pelayanan umum dan pemerintahan, Desa Peninjoan di Kecamatan Tembuku, Bangli akhirnya resmi dimekarkan menjadi dua desa, yakni Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari. Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, melantik I Wayan Sutrisna sebagai Penjabat Perbekel Desa Persiapan Pulasari, Rabu (30/6/2021) di kantor Bupati Bangli. Pelantikan juga dihadiri Wakil Bupati I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, dan pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Bangli.

Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, dengan turunnya nomor register dari Provinsi, maka proses usulan pemekaran desa sudah mendapat pengakuan dari Pemprov Bali. Tinggal sekarang desa bersiap diri untuk melakukan tindakan guna mendukung proses selanjutnya. Dia berharap proses selanjutnya lancar, sehingga cita-cita dan harapan masyarakat desa dapat terwujud. Karena itu, Sedana Arta berharap pimpinan dan tokoh masyarakat Desa Peninjoan bersama-sama mengawal proses pemekaran ini.

“Hal terpenting adalah bagaimana kita mengedukasi masyarakat, menyampaikan informasi ke masyarakat agar selama proses atau tahapan desa persiapan di wilayah Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari tidak boleh terjadi gejolak. Tidak boleh ada permasalahan yang berujung pada kasus hukum,” serunya.

Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari, sambungnya, harus selalu dalam kondisi aman, nyaman dan damai. Apapun yang terjadi akan menjadi cermin dari kondisi yang ada, dan akan menjadi bagian evaluasi untuk berproses ke tahap selanjutnya.

Kepada penjabat yang baru dilantik, dia berpesan agar bekerja dengan ikhlas, dan semangat ngayah dalam menjalankan tugas di Desa Persiapan Pulasari. Bupati juga menekankan menjaga keamanan, ketertiban dan kondusivitas wilayah desa, serta dukungan administrasi dari desa induk dalam proses selanjutnya.

Untuk diketahui, dengan luas 13,56 kilometer persegi, Desa Peninjoan termasuk desa yang luas di Bangli. Ada 15 banjar dan 10 desa pakraman di Peninjoan, dengan jumlah kepala keluarga (KK) tidak kurang dari 3.000 KK atau sekira 11.000 jiwa. Oleh karena itu, Desa Peninjoan dimekarkan menjadi dua desa, yakni Desa Peninjoan dan Desa Pulasari. Desa Peninjoan berada di sebelah barat Tukad Bubuh, dan Desa Pulasari di belahan Timur Tukad Bubuh. Desa Peninjoan rencananya dengan tujuh banjar dan Desa Pulasari mewilayahi delapan banjar. 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.