Bupati Artha Resmikan Poli Mata RSU Negara

Bupati Artha didampingi Wagub Kembang memotong pita saat meresmikan dibukanya poli mata di RSU Negara, Jembrana, Senin (14/9).
106 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Setelah sebelumnya diresmikan enam gedung baru dan fasilitas poli jiwa, RSU Negara kian lengkap dengan hadirnya poli mata. Fasilitas layanan baru itu diresmikan oleh Bupati Jembrana I Putu Artha didampingi Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan dengan pemotongan pita dan tumpeng, Senin (14/9).

Ruang poli mata yang berada di lantai dua gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJ) tersebut berfungsi melayani pemeriksaan, terapi, dan tindakan refraksi dan lensa kontak. Poli mata juga melayani pemeriksaan vitreo retina, glaukoma, infeksi-imunology, okuloplastik-onkologi, pediatrik oftalmologi, strabismus, oftalmologi komunitas, serta melayani surat keterangan buta warna.

Lebih membanggakan lagi, saat ini RSU Negara juga telah menerapkan sistem pendaftaran melalui aplikasi di smartphone (telepon pintar). Dengan mengunduh aplikasi Hai Doc di playstore, masyarakat langsung bisa melakukan pendaftaran hingga dalam tiga hari sebelumnya. Begitu juga dengan sistem pembayaran, masyarakat yang datang berobat ke RSU Negara kini juga bisa melakukan pembayaran secara e-biling (nontunai) berkat kerja sama RSU Negara dengan Bank BPD Bali.

Bupati Jembrana, I Putu Artha, mengatakan RSU Negara kini bisa meningkatkan pelayanan dan kapasitas untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan pemeriksaan mata. Termasuk dengan menyekolahkan beberapa dokter umum menuju jenjang pendidikan spesialis. Jadi, tidak hanya gedungnya saja bertambah, tapi didukung tersedianya SDM mencukupi.

“Peningkatan kapasitas dan pelayanan di RSU Negara ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah selama kepemimpinan Artha-Kembang dalam meningkatkan kapasitas melalui peningkatan kompetensi tenaga medis. Semoga dengan bertambahnya layanan yang ada di RSU Negara, bisa semakin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Jembrana,” katanya.

Menurut Bupati Artha, hal ini didukung juga dengan keberadaan SDM yang kian bertambah dengan kehadiran beberapa dokter spesialis yang bertugas di RSU Negara. “Sebelumnya untuk mendukung tenaga spesialis, Pemkab Jembrana telah bekerja sama dengan Universitas Udayana untuk menyekolahkan tenaga dokter umum untuk menempuh pendidikan spesialis,” jelasnya.

Ia menjelaskan, sistem pendaftaran dan pembayaran nontunai yang diterapkan akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam proses pendaftaran di RSU Negara. Sementara sistem pendaftaran daring RSU Negara ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang ingin datang berobat. “Bahkan, masyarakat bisa melakukan pendaftaran dari tiga hari sebelumnya dari aplikasi Hai Doc, tentu ini sangat memudahkan masyarakat. Selain itu, pendaftaran secara online akan menghindari kerumunan sehingga sesuai dengan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19,” tegasnya.

Direktur RSU Negara, dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, mengatakan, dengan dibukanya poli mata, kini masyarakat Jembrana tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan spesialis kesehatan mata. “RSU Negara juga telah menerapkan sistem pendaftaran dan pembayaran via online yang akan memudahkan masyarakat. Selain itu, tahun ini juga menyusul akan dibuka poliklinik kulit dan poliklinik kelamin,” ujarnya.

Di sisi lain, seorang pasien Yuliastari Mida Astuti, mengatakan dengan adanya pelayanan poli mata di RSU Negara sangat membantu dirinya yang tidak perlu jauh lagi dalam melakukan pemeriksaan mata. Bahkan bisa dilakukan dengan mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi, sehingga saat ke rumah sakit tidak perlu antre lagi. “RSU Negara juga menggunakan e-billing dalam melakukan pembayaran, sehingga saya tidak perlu membawa uang cash lagi,” pungkasnya. 024

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.