Bupati Artha Hadiri Pujawali Pura Dhang Kahyangan Mertasari

Bupati Artha melaksanakan persembahyangan dan menyerahkan punia saat piodalan di Pura Dang Kahyangan Mertasari, Jembrana, Selasa (15/12/2020).
274 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Pujawali Ida Bethara Pura Dhang Kahyangan Mertasari puncaknya bertepatan Anggara Kasih Prangbakat, Selasa (15/12/2020). Pada puncak karya ini, Bupati Jembrana, I Putu Artha, hadir untuk menghaturkan sembah bhakti ke hadapan Ida Bethara serta menghaturkan punia untuk upakara yadnya yang diterima oleh ketua panitia karya.

Ketua Panitia Karya, I Ketut Ariana, mengatakan, piodalan di Pura Dhang Kahyangan Mertasari dilaksanakan sehari dengan tingkat upakara nyatur rebah dengan tiga bebangkit. Piodalan ini dilaksanakan apisanan (sehari), namun tetap menerapkan protokol kesehatan. “Artinya, pelaksanaan hanya dilaksanakan hari ini di mana pemedek hanya bisa melakukan persembahyangan hingga malam karena piodalan di puncak ini langsung di-sineb pada malam nanti,” katanya sebelum persembahyangan kemarin.

Selain piodalan di Pura Dhang Kahyangan Mertasari, pada hari yang sama juga dilaksanakan piodalan di dua pura lainnya yang masih satu-kesatuan yakni Pura Beji dan Pura Lesung Bata. “Kedua pura ini juga merupakan kesatuan dari Pura Dhang Kahyangan Mertasari, termasuk prosesi upakaranya juga sama. Seluruh rangkaian pujawali ini di-puput oleh Ida Pedanda Kusara dari Grya Batu Agung, Negara,” jelas Ketut Ariana.

Sementara itu, Bupati Artha setelah melakukan persembahyangan minta kepada semua pemedek untuk selalu taat untuk mematuhi protokol kesehatan saat pelaksanaan piodalan. “Pandemi Covid-19 masih belum mereda. Kami minta kepada semua masyarakat khususnya para pemedek yang hendak tangkil (hadir) saat piodalan ini agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan, kita selalu doakan kepada Ida Hyang Bethara di Pura Dhang Kahyangan Mertasari ini agar kita diberikan kesehatan dan keselamatan,” harapnya. 024

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.