Bunda PAUD Bali Ajak Ortu Bimbing Anak di Masa Emas

Putri Suastini Koster
730 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Bunda PAUD Provinsi Bali, Putri Suastini Koster, mengajak semua orang tua untuk berperan aktif menjaga sekaligus membimbing putra-putrinya di masa emas (0-5 tahun). Ajakan tersebut disampaikannya saat memberikan arahan dalam kegiatan “Bunda PAUD Menyapa” serangkaian peringatan Hari Ibu ke-92 secara virtual yang melibatkan Bunda PAUD se-Bali, di ruang kerjanya, Selasa (22/12/2020).

Menurutnya, karena dengan membekali pendidikan dasar tentang tata krama dan etika sejak dini, anak-anak nantinya akan mudah bergaul dan menyesuaikan diri di tengah lingkungannya. “Dari segi cara mengajar saja yang berbeda, jika di sekolah anak-anak akan berada di lingkungan formal, maka pendalaman pendidikan dan bimbingan di rumah oleh orangtua (guru rupaka) akan lebih menggunakan pendekatan berupa perhatian dan kasih sayang,” ujar Putri Koster.

Dia menambahkan, anak-anak jangan sampai merasa kehilangan perhatian dan kasih sayang orangtua di tengah masa pandemi ini. Apalagi jika ada orangtua yang sebelum pandemi Covid-19 terlalu disibukkan oleh urusan karier atau pekerjaan, maka sebaiknya mampu memilah waktu untuk berbagi perhatian kepada anak-anaknya saat seperti ini.

Sebagai orang tua, lanjut dia, selain memenuhi kebutuhan pokok anak-anaknya, juga harus bertanggung jawab atas pendidikan dasar sebagai pondasi awal pembentukan karakter di masa depan anak. “Orang tua juga harus memperhatikan tumbuh kembang perilaku, cara berkomunikasi, kesehatan, dan pendampingan terhadap putra-putri tercinta sangat penting agar mereka memiliki penanaman budaya dan karakter diri yang akan mengantarkan mereka menuju pintu kesuksesan untuk masa depannya,” tandasnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.