Bulan Bung Karno III/2021, Implementasi Tri Sakti Bung Karno

Sekda Dewa Indra menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba vlog Bulan Bung Karno
206 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Gubernur Bali, Wayan Koster diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra menutup peringatan Bulan Bung Karno III di Provinsi Bali tahun 2021. Dalam penutupan yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali di Denpasar, Rabu (30/6) pagi, juga diumumkan para pemenang lomba dalam peringatan yang mengambil tema ‘Wana Kerthi: Taru Prana Bhuwana, Pohon sebagai Napas Bumi’.

Dewa Indra mengatakan, Bulan Bung Karno ini untuk memperingati dan juga menghormati jasa-jasa Bung Karno dalam mendirikan Negara Indonesia. “Di Bali salah satunya memperingati ideologi yang sangat familiar yaitu, Tri Sakti Bung Karno. Berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam budaya. Itu baru satu ajaran beliau. Di luar itu masih sangat banyak yang bisa dijadikan sumber inspirasi bagi generasi muda Bali,” ungkapnya.

Menurutnya, sudah sepatutnya sebagai generasi penerus bangsa, khususnya bagi masyarakat Bali memperingati Bung Karno. Apalagi, lanjut dia, Bung Karno memiliki riwayat bahwa ibundanya orang Bali.

“Jadi sudah sepantasnya kita sebagai orang Bali, Pemerintah Provinsi Bali dan juga Pemerintah Kabupaten/Kota melaksanakan peringatan Bulan Bung Karno sebagai bentuk apresiasi, penghormatan dan juga sebagai media melanjutkan, meneruskan ideologi-ideologi berbangsa dan bernegara,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, I Gusti Agung Ngurah Sudarsana menyampaikan, peringatan Bulan Bung Karno menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, dan berlangsung selama satu bulan penuh, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-Bali.

“Peringatan Bulan Bung Karno berlangsung dengan partisipasi maksimal dari masyarakat. Bahkan, getaran peringatan Bapak Pendiri Bangsa ini dirasakan hingga ke pelosok desa, di mana tujuan dari kegiatan ini untuk mengimplementasikan ajaran Tri Sakti Bung Karno,” ungkapnya.

Dalam peringatan tahun ini, lanjut Agung Sudarsana, juga diisi dengan webinar bertema ‘Memaknai dan Mengkontekstualisasi Tri Sakti Bung Karno’, dan juga kegiatan bakti sosial berupa gerakan penanaman pohon dan kebersihan lingkungan yang diikuti seluruh pejabat di jajaran Pemerintah Provinsi Bali, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan hingga Pemerintahan Desa.

Selain itu, imbuh dia, peringatan Bulan Bung Karno juga diisi dengan lomba yang diikuti seluruh masyarakat Bali. Seperti lomba vlog penerapan prokes Covid-19 dalam pelaksanaan upacara panca yadnya, lomba vlog UMKM/IKM Bali Bangkit Mesari, lomba vlog pidato aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam tatanan pelaksanaan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, dan lomba vlog pengolahan sampah berbasis sumber (rumah tangga).

“Tentu saja lomba ini diikuti masyarakat umum, sepanjang memenuhi kriteria persyaratan lomba, yakni tentang bagaimana kita menyiasati pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Adapun pemenang dalam lomba tersebut, untuk katagori lomba vlog penerapan prokes Covid-19 dalam pelaksanaan upacara panca yadnya, juara I Desa Adat Renon, Denpasar, juara II Desa Adat Ubud Gianyar, dan juara III Desa Adat Ketewel Gianyar. Lomba vlog UMKM/IKM Bali Bangkit Mesari, juara I Dewa Gede Adi Dharma Sucipta, juara II I Made Adriana, dan juara III I Made Adityashana.

Kategori lomba vlog pidato juara I Ni Putu Mila Andriani dari SMAN 1 Bebandem, Karangasem, juara II Bagus Komang Raka Satria SMAN 1 Kuta Utara, Badung, dan juara III Ida Ayu Made Setya Pratiwi dari SMAN 1 Blahbatuh, Gianyar. Sedangkan untuk katagori vlog pengolahan sampah berbasis sumber, juara I Desa Sanur Kauh Denpasar, juara II Desa Pejeng Gianyar, dan juara III Desa Adat Bindu Badung.

Selain piagam dan penghargaan, masing-masing juara juga mendapatkan uang pembinaan. Untuk juara I sebesar Rp20 juta, juara II Rp15 juta, dan juara III Rp10 juta. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.