Bulan Bahasa BALI di Desa Adat Bitera, Gelar Lomba Nyurat Sksara Bali

243 Melihat
Lurah Bitera membuka perlombaan Bulan Bahasa Bali di Desa Sdat Bitera – POS BALI/ADI

GIANYAR, posbali.co.id – Serangkaian menyukseskan Bulan Bahasa Bali 2020 yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Bali, di Desa Adat Bitera dilaksanakan kegiatan perlombaan Nyurat/menulis Sastra Bali, Ngewacen/membaca Sastra Bali dan Masatua/bercerita Bali. Kegiatan tersebut dilaksanakan sekaligus untuk mendukung visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali dan mewujudkan Desa Adat Bitera Aman, Nyaman dan Berbudaya, Minggu (23/2).

Lurah Bitera Gede Bagiada  S.Sos.M.AP.
Bandesa Adat Bitera Nyoman  Sumantra  ST.,MT, mengatakan, ajang ini adalah salah satu realisasi dari program ‘Bitera Ngewangun’ yang dicanangkannya sejak tahun 2016. Bendesa yang juga aktif sebagai arsitek ini menambahkan, bahwa pembangunan tidak cukup di bidang fisik saja, tetapi bidang non fisik. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya menjaga keseimbangan kondisi dan wilayah Desa Adat sebagaimana konsep Tri Hita Karana yang sudah mendunia itu. “Juga untuk mengarahkan generasi muda ikut aktif dalam  pelestarian adat budaya Bali agar ajeg dan tidak punah,” ujarnya.
Ditegaskan pula bahwa Bulan Bahasa Bali 2020 ini lebih terarah dan pantas diapresiasi sebagai kegiatan yang penting untuk membangun karakter SDM/Pawongan yang hormat dan bangga terhadap seni dan budaya di samping tetap menggalakkan pembangunan Parahyangan dan penataan wilayah/Palemahan Desa Adat Bitera. “Peserta yg ikut sangat antusias didampingi oleh para guru dan kegiatan ini sangat dibantu oleh Penyuluh Bahasa Bali yang ditempatkan di Kelurahan Bitera dan sekitarnya yang konsen melaksanakan tugasnya dengan,” ujar Bandesa asal Banjar Sema Bitera ini.
Lebih lanjut diungkapkanya, kegiatan lomba/utsawa ini sangat penting bagi peserta dan  masyarakat. Lomba ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran, apalagi kegiatan serupa sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2019 yang dikoordinir oleh Yowana Desa Adat Bitera dan tahun 2020 ini dilaksanakan oleh Desa Adat Bitera yang dibantu Panitia Penyelenggara.
Sedangkan Ketua Panitia Lomba Dewa Raka yang juga Penyuluh Bahasa Bali Kelurahan Bitera, mengatakan, peserta yang ikut sebanyak 23 siswa. Terdiri dari peserta laki-laki 11 dan Putri 12 orang. “Kegiatan kami laksanakan di Jaba Tengah Pura Dalem Desa Adat Bitera, bersinergi dengan Kelurahan Bitera, Manggala Adat dan Dinas  yang ada di Kelurahan Bitera,” jelasnya.
Dikatakanya, petunjuk dan saran dari Lurah Bitera,  Bendesa Adat, manggala Dinas dan Adat Bitera sangat mendukung kegiatan ini,  menuju Bitera Santhi sesuai dengan Nangun Sat Kerthi Loka Bali.
Sementara itu, Lurah Bitera Gede Bagiada  S.Sos.M.AP. yang membuka pecentok/lomba serangkaian Bulan Bahasa  ini mengatakan, sebagai generasi Hindu di Bali, patut bangga dan bersyukur karena warisan adi luhung dari lelangit sangat berguna dan tidak pernah tergilas zaman. “Sarat tutur dan pesan moral yang kita dapat dari lelangit hindu,” terang Lurah Bitera  Gede Bagiada yang mantan juru potho, cameramen vidio dan  tim rilis berita Humas Penda Gianyar.
Bagiada menambahkan, pacentok ini ngat relevan dan tepat karena isinya berguna untuk peserta.
“Mereka diarahkan mengerti dan mengenal budayanya biar tidak hilang dan punah. Kegiatan lomba dalam pelestarian sangat  tepat dan penting untuk dilaksanakan dengan mengedepankan Tri Kaya Parisudha dan Tri Hita Karana adat Hindu.
Salah satu juri Nyurat Lontar Mangku Gede Gargita, mengapresiasi  positif peserta yang ikut, rata-rata dalam berlomba sangat serius mengikuti.  Para peserta dapat mengambil hikmah dari kegiatan lomba ini. 011
Pemenangnya  Lomba
Mesatua Bali
Putra:
Juara 1. Komang Agus Juliarta  SDN Bitera.
Juara 2. I Komang Bayu Sapytra SDN3 Bitera.
Juara 3. Komang Dharna Satta SDN4 Bitera
Putri:
Juara 1 Dewa Ayu Dubda Pradtiani SDN1 Bitera
Juara 2 Ni Putu Peby Suarmayani SDN3 Bitera
Juara 3. Ni Komang Gita Satwika SDN4 Bitera.
Ngewacen Aksara Bali
Putra:
juara. 1. I Gede  Angga
Dwipayana SDN3 Bitera.
Juara  2. I GD. Eka Saputra. SDN 2 Bitera.
Juara 3. Pande  Nyoman Ardika. Adi W. SDN1 Bitera.
Putri:
Juara 1. Putu Luna Asramdha SDN3 Bitera.
Juara 2. Ni Kadek  Cera Santina Putri  SDN1 Bitera
Juara 3. Ni komang I dah Pirani SDN2 Bitera.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.