BMF Ajak Pemuda Mengelola Alam dengan Bijaksana

Tangkapan layar Inspiration Talk (I-Talk) bertajuk “Mengelola Alam dengan Bijaksana” pada Minggu (25/10).
385 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Bali Muda Foundation (BMF) melalui Divisi Muda Berkarya mengadakan Inspiration Talk (I-Talk) bertajuk “Mengelola Alam dengan Bijaksana” pada Minggu (25/10). Acara yang berlangsung secara daring ini menghadirkan dua tokoh dalam bidang lingkungan mewakili dua generasi, I Ketut Susana yang akrab disapa Zan Zan dan A.A. Gede Agung Wedhatama yang akrab disapa Gung Wedha.

Memutuskan untuk resign setelah dua puluh satu tahun berkecimpung di dunia perhotelan dan pariwisata dan menikmati posisi manajer di hotel bintang lima, Zan Zan menggagas Om Unity Meditation Ground (OMG Bali) dan Ommunity Bali di Desa Sudaji, Buleleng. Dengan semangat dedikasi demi kemajuan desanya, dia menyulap desanya menjadi tempat kemah dengan konsep yang berkelanjutan. Kini, Desa sudaji dicanangkan akan mendapatkan penghargaan sebagai desa konservatorium oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Zan Zan berpesan agar generasi muda juga turut memelihara alam dan mengelolanya dengan bijaksana. “Intinya adalah, bagaimana menggugah generasi muda agar turut aktif juga dalam memelihara dan mengolah alam. Apa yang kita bisa berikan untuk alam sekitar ataupun desa agar kelestariannya terjaga, karena menjaga alam sama dengan menjaga jiwa kita. Good soil is good for a good soul,” ucapnya.

Sementara itu, Gung Wedha bercerita mengenai ketertarikannya pada teknologi dan lingkungan. Menggabungkan dua bidang dan mengajak orang untuk bertani dalam jargon “Petani Muda Keren” berusaha membangkitkan semangat setiap orang untuk menjadi petani. Menurutnya, tidak ada yang salah dengan menjadi petani. Semua profesi mulia asal dikerjakan dengan jujur, tekun, dan berkelanjutan. Melalui Petani Muda Keren, Gung Wedha juga memfasilitasi dan memberdayakan masyarakat Bali sehingga turut aktif membangun pertanian Bali yang lebih baik.

Kegiatan yang berlangsung selama dua jam tersebut menarik banyak antusiasme dari peserta. “BMF berharap I-Talk yang diselenggarakan sebulan sekali ini dengan tema bervariasi mampu memberikan inspirasi bagi para pemuda-pemudi Bali untuk memahami dirinya dengan baik, menemukan passion dan path dalam hidupnya serta bermanfaat bagi lingkungannya,” ujar Ketua BMF, Donnie Weda Dharmawan. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.