BI Kendalikan Inflasi di Denpasar, Jaga Pasokan Komuditas

Ket foto : Kepala KPw BI Bali, Trisno Nugroho (kanan) bersama Sekda AA Ngurah Rai Iswara saat High Level Meeting (HLM) di Kota Denpasar.
Ket foto : Kepala KPw BI Bali, Trisno Nugroho (kanan) bersama Sekda AA Ngurah Rai Iswara saat High Level Meeting (HLM) di Kota Denpasar.
327 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Menjelang akhir Desember 2019, Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho menyampaikan, Denpasar sebagai indikator inflasi selain Singaraja perlu tetap menjaga pasokan komoditasnya. Menurutnya menjadi penting menjaga inflasi Denpasar agar tetap rendah. “Tentu untuk menjaga inflasi kota Denpasar tidak bisa sendiri, ada komitmen bersama menuju ke arah sana,” sebut Trisno saat didampingi Sekretaris Daerah Kota Denpasar, AA Ngurah Rai Iswara di sela High Level Meeting (HLM) di ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar, Selasa (22/10).

Trisno menambahkan inflasi Denpasar masih di bawah rata-rata nasional. “Jika inflasi terjaga dengan baik, pasokan lancar, tentu kebutuhan masyarakat akan terpenuhi yang berujung pada kesejahteraan,” tuturnya lagi. Inflasi terjaga, pertumbuhan tinggi menandai masyarakat makmur, namun demikian Trisno juga mengingatkan potensi inflasi kapan saja bisa terjadi, tentu penyebabnya karena tersumbatnya pasokan komoditas yang berakibat fluktuatifnya harga. “Ini yang mesti kita waspadai,” pungkasnya.

Di sisi lain, Sekda Rai Iswara menargetkan tahun 2020 Denpasar memiliki Controlled Atmosphere Storage (CAS) yang merupakan mesin atau sarana penyimpanan yang mengkombinasikan antara teknologi pendingin dengan teknologi pengkondisian udara. Udara yang dikondisikan adalah kelembaban, oksigen, karbondioksida, dan etilen. berguna menyimpan atau mengawetkan produk buah, sayuran, benih dan lainnya dengan mutu dan kualitas tetap terjaga. “CAS ini cocok untuk stabilisasi pasokan, yakni saat panen raya disimpan ke dalam CAS atau sejenisnya dan dikeluarkan saat dibutuhkan,” sebutnya.

Apa yang disampaikan Rai Iswara semata-mata tujuannya untuk menyelaraskan pasokan komoditas dalam menjaga inflasi Kota Denpasar. Selain keinginan memiliki CAS sendiri, dirinya juga menyampaikan langsung keinginannya memenangkan kompetisi yang tiap tahun diadakan oleh BI pusat. “Sekarang kita punya nafas baru, dengan hadirnya pimpinan BI yqng baru tentu keinginan itu akan kita wujudkan bersama. Masak penghargaan tingkat dunia kita raih, untuk yang TPID belum sama sekali,” ucapnya. 016

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.