Beringin di Pura Pelepasan Tumbang, Sebuah Palinggih Rusak

Pohon beringin raksasa yang tumbang di jaba Pura Pelepasan, Desa Buahan, Kintamani, Bangli.
481 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Tak ada angin dan hujan, tiba-tiba sebuah pohon beringin berusia ratusan tahun yang berada di areal jaba Pura Pelepasan, Desa Buahan, Kintamani, Bangli tumbang. Sebuah palinggih Pangayengan Ulun Danu di pura itu roboh karena terangkat akar bingin.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), I Ketut Gde Wiredana, didampingi Kasi Logistik dan Kedaruratan, I Ketut Agus Sutapa, saat dikonfirmasi Kamis (3/9), membenarkan adanya laporan bencana pohon tumbang tersebut. Kata dia, kejadian tumbangnya pohon beringin setinggi 40 meter dengan diameter hampir sekitar 1 meter terjadi pada Minggu (30/9) sekitar pukul 16.00 Wita.

“Saat kejadian tidak ada hujan maupun angin. Dari informasi masyarakat, diduga tumbangnya pohon yang telah berusia ratusan tahun itu karena mengalami pelapukan pada akar,” ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian material yang ditimbulkan ditaksir mencapai Rp30 juta. Selain itu, karena besarnya pohon yang tumbang, menyebabkan proses pemotongan dan pembersihan memakan waktu yang cukup lama.

Lebih lanjut Wiredana mengatakan, penanganan pohon tumbang ini telah dilaksanakan sejak Senin lalu setelah krama Banjar Buahan melaksanakan prosesi upacara. “Sampai hari ini, upaya penanganan beringin tumbang tersebut masih kita lakukan mengingat sulitnya penanganan karena berada di lokasi persis di bibir Danau Batur dan besarnya pohon beringin tersebut,” terangnya. 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.